NewsNusantaraSulsel
Trending

Pemkab Gowa akan Libatkan UIN Makassar Dalam Pengelolaan Rumah Tahfidz

GOWA, NEWSURBAN.ID — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengajak Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis meninjau Rumah Tahfidz Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa di Kecamatan Bajeng, Selasa (28/6).

Bupati Adnan mengatakan Pemkab Gowa akan melakukan kerjasama dengan UIN Alauddin Makassar dalam pengelolaan Rumah Tahfidz ini. Menurutnya Pemkab Gowa akan melibatkan pengajar dari UIN Alauddin Makassar untuk mengajar di rumah Tahfidz ini.

Baca Juga: Bupati Gowa Apresiasi Pembangunan Masjid Nurul Mu’Minin Pare’-Pare’

Adnan menjelasakan kedepan, santri yang mondok di rumah tahfidz ini tidak hanya akan dibekali dengan hafalan Al Qur’an saja, tetapi akan dibekali dengan ilmu pengatahuan yang berkaitan dengan Al Qur’an.

“Jadi selain menghafal Al Qur’an, mereka juga akan diintegrasikan dengan program-program studi yang sesuai dan berkorelasi dengan program hafalan Al Qur’an, misalnya Prodi Ilmu Hadits,” ungkapnya.

Sehingga kata Adnan santri maupun santriwati yang ada di rumah tahfidz ini ketika lulus, selain menjadi penghafal Al Qur’an yang baik juga akan memiliki pengetahuan umum dan ijazah S1 atau sarjana.

Baca Juga: Bupati Adnan Harap Kolaborasi Pemkab Gowa dan UMI Terus Terjalin Tingkatkan Kualitas SDM

Orang nomor satu di Kabupaten Gowa ini berharap alumni-alumni rumah tahfidz Kabupaten Gowa ini bisa mejadi imam-imam di masjid yang ada di dusun; lingkungan dan desa-desa dan kelurahan sekaligus menjadi da’i.

“Jadi nanti santri dan satriwati yang ada di sini selain memiliiki hapalan Al Qur’an yang baik, mereka juga memiliki pengetahuan umum yang baik dan tentunya akan menjadi da’i-da’i yang moderat,” tambahanya.

Sementara itu, Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Juhannis menyambut baik rencana kerjasama ini. Menurutnya program ini sangat bagus. Apalagi sudah di dukung dengan gedung yang menurutnya sangat luar biasa.

Baca Juga: Gowa Harap Jadi Percontohan Pengembangan Demplot Tanaman Jagung

“Luar biasa gedung ini. Kalau misalkan sarana dan prasarananya sudah siap, kita pembelajarannya di sini,” kata Prof Hamdan.

Turut mendampingi Bupati Gowa, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gowa, Rusdi Alimuddin; Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Taufik Mursad, Kepala Dinas PMD Kabupaten Gowa, Muh. Basir, Kepala BPKD Kabupaten Gowa, Abd Karim Dania; Asisten Pemerintahan dan Kesejateraan Rakyat, Muh Rusdi, Kepala Bagian Organisasi, Sujjadan dan Camat Bajeng, Haerani.

Sedangkan dari pihak UIN Alauddin Makassar hadir Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Alauddin Makassar, Prof. Darussalam Wakil Rektor I Bidang Akademik Pengembangan Lembaga, Prof. Mardan. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button