MetroNews

Dinas Kominfo Kota Makassar Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Data Statistik

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Dinas Komunikasi dan Informatika atau Dinas Kominfo Kota Makassar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas SDM terkait pengelolaan data statistik sektoral di Hotel Aston and Convention Center, Selasa (21/03/2023).

Kegiatan Bimtek bertajuk ‘Penguatan Peran Produsen Data dalam Pengolahan Data Statistik Sektoral di Lingkup Pemerintah Kota Makassar’. Di ikuti oleh seluruh perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Makassar.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Andi Irwan Bangsawan, hadir membuka acara mewakili Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto.

Irwan mengatakan Bimtek ini di laksanakan sebagai bagaian dari peningkatan kapasitas SDM dan mutu statistik Pemkot Makassar.

Baca Juga: Dinas Penataan Ruang Makassar Ajukan Pembahasan Lintas OPD Terhadap Bangunan Serbaguna di Boulevard

Dia juga mengatakan katakan, perencanaan dan penyusunan kebijakan pembangunan Pemkot Makassar tentu memerlukan data sektoral yang akurat. Agar program pemerintah tepat sasaran.

“Data sektoral sangat signifikan dalam mengevaluasi maupun menentukan visi-misi pemerintah. Dalam satu atau beberapa tahun ke depan,” jelas Irwan.

Adapun data sektoral tersebut, lanjut Irwan, di ketahui menjadi tanggung jawab dan wewenang Dinas Kominfo Kota Makassar sebagai Walidata. Setiap tahunnya, Dinas Kominfo melakukan pengolahan dan diseminasi data statistik sektoral untuk memproduksi data mutakhir.

Baca Juga: Tekan Angka Stunting di Makassar, Indira: Tingkatkan Sinergi Lintas Sektor

Namun, Irwan menuturkan, optimalisasi data statistik sektoral yang terhimpun perlu kolaborasi yang efisien. Dengan produsen data dalam hal ini seluruh OPD Kota Makassar.

Sehingga, data mudah di akses dan di bagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah. Melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.

“Dalam pelaksanaan tata kelola data khususnya data sektoral. Tentu di perlukan kolaborasi antara pembina data, wali data, dan produsen data,” ucapnya.

Baca Juga: Fatmawati Rusdi Ingatkan Target Makassar Zero Stunting 2024 di Aksi 3 Konvergensi Rembuk Stunting

Irwan menekankan pentingnya peran OPD menyediakan data lewat pemahaman yang baik khususnya standar metadata. Metadata berguna untuk menghindari adanya duplikasi data sehingga memudahkan interpretasi data oleh Dinas Kominfo.

“Produsen data di harapkan harus berkontribusi aktif dalam menyampaikan data beserta metadata statistik sektoral. Yang di kelola kepada Walidata dalam hal ini Dinas Kominfo,” tutur Irwan.

Melalui Bimtek ini, Irwan berharap seluruh OPD selaku produsen data di Makassar mampu mengakselerasi pemahaman. Dan memiliki kapasitas yang sama dalam menyediakan dan mengolah data masing-masing.

Baca Juga: TPID Makassar Antisipasi Efek Inflasi Global Jelang Ramadhan

“Melalui Bimtek ini, produsen data memiliki pengetahuan yang selaras. Sehingga dapat menyediakan data yang akurat dan tepat,” ujarnya.

Kegiatan Bintek ini menghadirkan narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Makassar. Yaitu Wahyuni Febrianti Afendi selaku Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik, dan Muhammad Aswar selaku Pranata Komputer Ahli Muda. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button