NewsSulsel

Produk UMKM Andalan Dipamerkan Dekranasda Sulsel Dikagumi Ibu Negara

MAROS, NEWSURBAN.ID — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan turut memamerkan sejumlah produk UMKM Andalan binaannya pada kunjungan kerja Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Sulawesi Selatan selama dua hari, yakni Rabu dan Kamis (29-30/3/2023).

Selama dua hari ini, Presiden bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di beberapa lokasi di Kota Makassar. Dan, Kabupaten Maros, serta Kabupaten Luwu Timur.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Sambut Kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Negara

Usai acara peresmian Kereta Api Makassar-Parepare Antar Maros-Barru di Depo Kereta Api Maros, Presiden Jokowi beserta rombongan menaiki kereta api menuju Stasiun Rammang-Rammang.

Setibanya di Stasiun Rammang-Rammang, Presiden dan Ibu Negara melakukan peninjauan fasilitas stasiun dan stan Dekranasda Andalan Sulsel. Berupa sejumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Turut serta mendampingi Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman didampingi Ketua TP PKK Sulsel, Naoemi Octarina sekaligus Ketua Dekranasda Sulsel.

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Stan Pameran Bulukumba, Ketua Dekranasda Kenalkan Pinisi dan Wisata Tanjung Bira

Ketua Panitia Pameran, Sukarniaty Kondolele menyampaikan, pihaknya memamerkan sejumlah produk UMKM Andalan binaan Dekranasda Sulsel. “Kami (Dekranasda Sulsel) memamerkan sejumlah produk andalan UMKM binaan Dekranasda Sulsel dalam kunjungan Bapak Presiden dan Ibu Negara di Sulsel,” katanya.

Pameran ini terlaksana atas kerja sama Dekranasda Prov. Sulsel dan Kementerian Perhubungan RI, yang di ikuti oleh Dekranasda Sulsel, Kabupaten Maros, Pangkep, Wajo, Bone, Gowa, Bantaeng, dan Bulukumba.

Ibu Iriana Joko Widodo pun begitu kagum dengan sejumlah produk unggulan yang di pamerkan. Bahkan Ia membeli produk kerajinan Perak di stand Dekranasda Andalan Sulsel.

Baca Juga: Jalur Kereta Api Makassar-Parepare Diresmikan, Presiden: Dapat Tingkatkan Daya Saing Sulsel

Serta beberapa produk Tas, kemeja pria tenun Toraja , kain Sutera , Songko’ Recca dan produk lainnya laku terjual di semua stand oleh pengunjung pameran .

Pada kesempatan ini pula, Presiden dan Ibu Negara menyaksikan demonstrasi tenun sutera corak Le’ba dari pengrajin Kabupaten Gowa.

Adapun sejumlah produk yang dipamerkan dari setiap stand yang mengikuti pameran, yakni:

1. Maros: kerajinan Bambu , sepatu dan tas dari kulit Eco print.
2. Pangkep: Anyaman rotan dan pengolahan limbah marmer dlm bentuk gelas , vas bunga.
3. Bone: Songko’Racca, bosara dari anyaman lontar dan fashion dari tenun perca kain.
4. Gowa: Tas anyaman bambu dan sarung Tenun Sutera corak Le’ba.
5. Bulukumba: Tenun Bira, Tenun kajang dan Tas dari anyaman lontar.
6. Wajo: Tenun Sutera wajo dan benang sutera hasil produksi mesin pemintal otomatis dari UPT Sutera Dinas Perindustrian Prov Sulsel.
7. Bantaeng: Batik Tulis Jonga.
8. Dekranasda Prov Sulsel: kerajinan perak, kerajinan coiling bambu, tas anyaman ejeng gondok dan anyaman lontar dan Tenun Toraja. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button