NewsSulsel

Muktamar VIII DMI Digelar 1-3 Maret 2024

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Muktamar VIII Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan digelar pada 1-3 Maret 2024 di Jakarta. Dalam Muktamar ini setidaknya ada tiga agenda penting yang akan dibahas, yakni mengenai program, penyusunan rekomendasi DMI dan amandemen Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) DMI.

“Alhamdulillah akhirnya Muktamar VIII DMI bisa kita laksanakan awal Maret ini setelah sempat tertunda selama dua tahun karena bencana wabah Covid-19 dan tahun politik. Mudah-mudahan Muktamar bisa kita laksanakan dengan lancar dan menghasilkan output yang baik untuk DMI dan kemaslahatan umat,” kata Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat DMI, Drs. H. Imam Addaruqutni, M.A di Jakarta, Kamis (29/2).

Imam menyebutkan, sesuai AD/ART, peserta Muktamar VIII DMI adalah para utusan pimpinan wilayah dan daerah. Di tambah peserta dari Masjid Raya tingkat Provinsi di Seluruh Indonesia. “Agenda Muktamar meliputi program. Kedua rekomendasi DMI dan yang ketiga adalah amandemen AD/ART,” jelas Imam.

Baca Juga: Harap Keberkahan, 100 Ribu Jemaah Padati Masjid 99 Kubah, Ikuti Sulsel Bersalawat

Terkait program, Imam menyebut bahwa program DMI adalah program yang memang original berbasis masjid. “Alhamdulillah banyak program DMI yang di tetapkan pada Muktamar VII bisa di laksanakan dengan baik. Di Antara yang besar dan monumental itu pimpinan pusat bisa mewujudkan gedung kantor utama di Jalan Matraman, Jakarta,” kata Imam.

Sementara program kemasyarakatan yang cukup berhasil yakni perang melawan covid berbasis masjid itu rupanya cukup efektif. “Sementara program berbasis masyarakat luas termasuk pendidikan. DMI telah membuka lebih dari 3.000 paud berbasis masjid pendidikan anak usia dini,” papar Imam.

Ketua Panitia Muktamar VIII DMI, yang juga Ketua Bidang Organisasi PP DMI, Irjen Pol. (purn) Mas Guntur Laupe menambahkan, pelaksanaan Muktamar VIII DMI setelah pelaksanaan Pemilu. Hal ini, merupakan hasil dari Rapat Pimpinan Nasional DMI pada 6 Maret 2023. “Kita tidak ingin Masjid di jadikan panggung politik. Masjid di gunakan untuk kemaslahatan umat dan memakmurkan jemaahnya,” jelas Mas Guntur.

Baca Juga: Buka Workshop Kewirausahaan DMI Makassar, Fatmawati Rusdi Dukung Pengembangan UMKM

Mas Guntur juga memastikan bahwa persiapan pelakasanaan Muktamar VIII DMI berjalan dengan baik. Dan di harapkan semuanya bisa berjalan lancar mulai dari persiapan dan pelaksanaannya. “Mudah-mudahan Muktamar VIII bisa terlaksana dengan baik dan menghasilkan keputusan yang baik pula. Seperti yang selalu di sampaikan Ketua Umum DMI Pak Jusuf Kalla, DMI akan menjadi faktor pemersatu penguatan kesatuan dan persatuan bangsa,” tegas Mas Guntur. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button