MetroNewsSulsel

IKA Unhas Sulsel Makin Hidup, Prof Idrus Mengapresiasi Kepemimpinan Danny Pomanto

MAROS, NEWSURBAN.ID — Mantan Rektor Unhas Prof Idrus A. Paturusi mengapresiasi keaktifan pengurus dan anggota yang membuat Ikatan Alumni atau IKA Unhas Sulsel makin hidup. Apalagi pada kepemimpinan baru ini, yakni Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto).

“Berbicara IKA ini secara historis tentu plus-minus itu ada. Tetapi makin ke sini IKA makin kelihatan hidup. Bahkan kita lihat pemilihan ketua IKA Unhas seperti mengalahkan pemilihan kepala daerah,” kata Prof Idrus sembari tersenyum di sela-sela kegiatan Dengar Nasehat Senior Dalam Rangka Persiapan Pra Rapat Pengurus Wilayah IKA Unhas Sulsel, Minggu, (16/04/2023), di Tokka Tenarata, Maros.

Idrus menyampaikan Unhas identik dengan Sulsel apalagi di sektor mana saja seperti, pemerintahan, bisnis dan sebagainya kerap ada alumni Unhas di dalamnya. Dari situ, sangat terlihat peran dari para alumni.

Makanya, lanjut dia, sesuai dengan tujuan IKA Unhas, figur para alumni tentu selalu memberikan kontribusi bagi masyarakat sebagai representatif Unhas.

Baca Juga: Pengurus IKA Unhas Palopo Temui Danny Pomanto Bahas Pelantikan

Sementara, Prof Ambo Ala mengungkapkan gagasan Ketua IKA Unhas Sulsel sudah ada secara rinci selanjutnya tinggal perwujudannya saja.

Apalagi, kata dia, para alumni bisa satu hati, sebahasa dan satu suara maka tak ada yang tak mungkin cita-cita yang di paparkan ketua bakal terwujud.

“Pak ketua memberikan ilustrasi yang baik. Jadi di mana pun berada kita membawa nama almamater maka kita perlu membanggakan almamater IKA Unhas ini,” ucap Dosen Pertanian Unhas ini.

Ketua IKA Unhas Sulsel Moh. Ramdhan Pomanto menuturkan ide kegiatan mendengar nasehat senior ini sudah lama di gagas. Hal ini sebagai upaya menerima masukan, saran hingga kritik dari para tetua alumni Unhas agar kepengurusan IKA Unhas berjalan sesuai dengan visi, misi dan program.

Baca Juga: Danny Pomanto Lantik Nasruddin Waris Ketua IKA Unhas Sidrap 2022-2026

“IKA Unhas di lantik 4 November 2022, enam bulan bertugas. Biasanya langsung rapat kerja tetapi kami mau sebelum raker alangkah baiknya kita mendengar nasehat senior agar kuat dan solid dalam beralumni,” kata Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto.

Dia mengatakan, IKA ibarat sebuah pohon. Alumni ialah buahnya, mahasiswa ialah bunganya, almamater ialah pohonnya dan akarnya ialah masyarakat.

Ia melanjutkan, alasan utama dalam beralumni, ialah harus memenuhi tiga hal, yakni peduli alumni, peduli almamater dan peduli terhadap masyarakat.

“Kenapa beralumni? Ya, karena peduli. Spiritnya untuk membantu alumni yang belum mendapatkan pekerjaan, butuh pekerjaan maka-dibantu dalam persaudaraan beralumni. Di sinilah tempatnya,” lanjutnya.

Baca Juga: Lantik Pengurus IKA Unhas Pinrang, Danny Pomanto: Bangun Sinergitas

Lalu, peduli almamater. Ia memaksudkan, peduli itu ialah apapun yang di kerjakan maka bendera Unhas yang-dijunjung tinggi.

Dari pengalamannya, dia banyak bergaul dengan alumni lain, banyak bertemu dengan alumni lain. Dan kondisinya, tidak jauh beda antara satu dengan lainnya.

“Yang membedakan adalah kekuatan soliditas alumni. Maka melalui IKA Unhas Sulsel ini kita bangun jejaring yang kuat, alumni yang kuat peduli almamater dan peduli masyarakat,” tekannya.

Dengan makin banyaknya terbentuk IKA Unhas di daerah maka himpunan kekuatan itu dapat bermanifestasi positif untuk kepentingan bersama.

Akhirnya, ia berharap para senior yang hadir dapat memberi arah dan petunjuk untuk berjalannya cita-cita IKA Unhas.

“Kami selalu ingin menginginkan bimbingan senior, semoga ini menjadi jariyah bagi kita semua,” harapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button