InternasionalKesehatanNews
Trending

Kasus Covid Korea Utara Meledak: Ratusan Ribu Orang Tumbang, 42 Meninggal

PYONGYANG, NEWSURBAN.ID — Kasus Covid Korea Utara meledak. Meski baru mengumumkan penemuan kasus Covid-19 dalam dua tahun terakhir, kondisi penyebaran virus itu di Korut cukup masif.

Bahkan, puluhan orang di negara itu telah meninggal dunia akibat terinfeksi Covid-19.

Pada Minggu, (15/5/2022), Korut melaporkan total 42 orang telah meninggal di negaranya akibat Covid. Selain itu, otoritas Korut juga mengatakan bahwa telah terjadi ‘ledakan’ kasus dengan nyaris 300 ribu orang tumbang,

“Semua provinsi, kota, dan kabupaten di negara ini telah dikunci total dan unit kerja, unit produksi, dan unit perumahan ditutup satu sama lain sejak pagi 12 Mei dan pemeriksaan ketat dan intensif terhadap semua orang sedang di lakukan,” lapor kantor berita KCNA.

Baca Juga: Demam Tinggi, 21 Warga Korea Utara Tewas di Tengah Wabah Covid-19

“Setidaknya 296.180 orang tumbang dengan gejala demam, dan 15 lainnya meninggal pada hari Minggu.”

“Secara keseluruhan Korea Utara telah melaporkan 820.620 kasus yang dicurigai, dengan 324.550 masih dalam perawatan medis,” kata KCNA.

Para ahli mengatakan bahwa Korut sebenarnya tak punya kapasitas testing Covid-19 yang mumpuni. Ini juga yang membuat negara itu tidak melaporkan kasus saat virus corona merebak di seluruh dunia.

Baca Juga: Pamer Kekuatan Militer Korea Selatan, Kim Yo-Jong Adik Perempuan Kim Jong-un Murkah

Bahkan, saat dunia sedang kekurangan vaksin Covid-19, negara komunis itu menolak untuk mendapatkan vaksin dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Tercatat, lembaga itu sempat ingin mengirimkan jutaan vaksin Sinovac dan Astrazeneca,

Korut sebelumnya berdalih negaranya tidak begitu membutuhkan vaksin karena tidak memiliki kasus. Negara yang seringkali-disebut DPRK dalam bahasa Inggris itu menyebut masih banyak negara lain yang lebih membutuhkan vaksin-dibanding negaranya.

Meski begitu, rezim Kim Jong-Un tidak tinggal diam. Korut sendiri mengambil langkah penutupan perbatasannya setelah berkembangnya kasus Covid di tetangganya, China.

Baca Juga: Rudal Balistik Antarbenua Korea Utara Mendarat di Wilayah Jepang

Tak hanya dari luar, Korut juga sempat memberlakukan tindakan protokol yang ketat di dalam negerinya, termasuk pembatasan perjalanan domestik.

Kebijakan pengetatan ini sendiri sempat mendapatkan sorotan asing. Pasalnya, penutupan perbatasan sangat mengganggu jalur logistik dari luar negara itu. Apalagi, Korut berada dalam ancaman kelaparan yang sangat tinggi karena topan taifun pada 2020 yang merusak persediaan pangan negara itu. (bs/*)

Kasus Covid Korea Utara Meledak: Ratusan Ribu Orang Tumbang, 42 Meninggal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button