NewsSulsel

Pj Gubernur Bahtiar Pastikan Pembangunan PSN Jenelata Berjalan Tanpa Hambatan

GOWA, NEWSURBAN.ID — Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, pastikan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Jenelata di Kabupaten Gowa berjalan tanpa hambatan. Hal itu ia sampaikan saat meninjau langsung Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Jenelata, di Kabupaten Gowa, Rabu, 15 Mei 2024.

Ia melakukan peninjauan bersama Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Kepala Balai Besar Pompengan Jeneberang, dan sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel.

Peninjauan ini, kata Bahtiar, untuk memastikan bahwa PSN yang merupakan program prioritas Presiden Jokowi berjalan dengan lancar tanpa hambatan, khususnya dari pemerintah daerah.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel dan Pangdiv 3 Kostrad Lepas 10 Truk Bantuan untuk Korban Banjir di Luwu

“Pemprov Sulsel harus pastikan bahwa apa yang-diarahkan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia terutama di Musrenbangnas kemarin berjalan dengan baik. Jangan sampai ada proyek-proyek atau program-program pusat di daerah itu terhambat,” ungkap Bahtiar.

Untuk pembangunan Bendungan Jenelata, kata Bahtiar, baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah setempat tidak ada masalah atau hambatan. Meski demikian, ada hal yang secara teknis harus-dikomunikasikan untuk mempercepat proses pembangunan, terutama soal pengadaan lahan dan penyesuaian dengan tata ruang daerah di Kabupaten Gowa.

Apalagi, kata Bahtiar,dilihat dari progres, akselerasi, dan kecepatan pembangunan sangat positif. “Tinggal kami segera berkomunikasi dengan pihak terkait, terutama aparat yang melakukan pendampingan dari sisi hukum, mungkin pihak kejaksaan, supaya pengadaan lahan menjadi atensi,” ungkapnya.

Baca Juga: Bupati Gowa dan Pj Gubernur Sulsel Tinjau Progres Pembangunan Bendungan Jenelata, Siap Aliri 3 Daerah

Bahtiar menjelaskan, manfaat yang akan-dirasakan masyarakat dengan kehadiran Bendungan Jenelata ini sangat luar biasa.

“Jika 2-3 tahun ini bisa di selesaikan. Saya kira apresiasi yang tinggi kepada Bupati Gowa dan jajaran, serta teman-teman dari Balai Pompengan Jeneberang,. Seluruh BUMN dan instansi terkait, termasuk TNI Polri di wilayah ini,” terang Bahtiar.

Sementara, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menjelaskan, intinya Pemerintah Kabupaten Gowa terus menindaklanjuti tugas yang-diberikan oleh pemerintah pusat. Dan tugas pemerintah provinsi agar pembangunan Bendungan Jenelata ini tidak ada masalah. Dan pekerjaannya sesuai dengan rencana.

“Alhamdulillah sampai dengan hari ini, berkat petunjuk Bpk. Gubernur (Bahtiar Baharuddin) kita mampu menyelesaikan seluruh permasalahan yang timbul dan tidak akan menghalangi proses pembangunan ini,” tambahnya.

Baca Juga: Tidak Antikritik, Aktivis Mahasiswa: Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Terbuka dan Miliki Empati yang Tinggi

Sedangkan, Kepala Satker Bendungan Balai Besar Pompengan Jeneberang, Andi Baskara, menjelaskan,. Pembangunan Bendungan Jenelata ini sudah di mulai Desember 2023. Untuk sekarang, progresnya baru 2,1 persen.

“Kita sudah melakukan penggalian untuk mendem, kemudian juga di sebelah kanan ada penggalian mendem. Harapan kami dengan adanya dukungan Gubernur dan Bupati untuk percepatan pengadaan lahan ini kita akan berprogres lebih cepat lagi. Dan bisa mencapai 8-10 persen di akhir tahun 2024 ini,” urainya.

Sementara itu target penyelesaian pekerjaan Bendungan Jenelata ini paling lambat tahun 2027 atau 2028 mendatang. “Di targetkan selesai di 2028 tapi apabila bisa-dilakukan percepatan, itu bisa. Sehingga bisa lebih cepat ya, di 2027 mungkin ya,” pungkasnya. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button