NewsSulsel

KMN Ilham Kajang Mati Mesin di Perairan Bulukumba

# Tim Sar Gabungan Masih Lakukan Pencarian

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Kapal Motor Nelayan atau KMN Ilham Kajang dengan 10 POB (Personal On Board) dilaporkan mengalami mati mesin saat berlayar mencari ikan di perairan Bulukumba, Sulawesi Selatan. Hal itu di laporkan oleh Nafri, ketua kelompok nelayan di Bulukumba pada Kamis (25/5/2023).

Mersepons hal itu, Basarnas Sulsel mengerahkan personel Pos Unit Siaga Sar Bantaeng melakukan pencarian menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) Basarnas yang ada di Bantaeng.

“Kejadiannya Rabu (24/5/2023) malam, tapi baru di laporkan ke Basarnas Kamis (24/5/2023). Dan langsung di tindaklanjuti dengan mengerahkan RIB Basarnas di Bantaeng,” ungkap Bustanil, Pelaksana Harian Kepala Kantor Basarnas Sulsel.

Baca Juga: 45 Kapal Terbakar di Cilacap, Rp130 Miliar Nilai Kerugian

Lebih lanjut, Bustanil menjelaskan bahwa proses pencarian Tim di hari pertama sempat terkendala gelombang yang cukup tinggi sehingga menyulitkan pencarian.

“Hari ini, pencarian hari kedua di lanjutkan dengan menambah armada dari kapal nelayan sekitar”, imbuh Bustanil.

Tim Sar Gabungan akan melakukan pencarian dengan 2 Tim yang menggunakan RIB Basarnas dan Kapal Nelayan. RIB Basarnas akan fokus mencari dari pulau Sabalana ke arah barat-barat daya. Sementara kapal nelayan akan fokus mencari ke arah utara.

Baca Juga: KLM Al Mubarok Hilang Kontak, Basarnas Sulsel Mengerahkan KN Sar Kamajaya 104 Lakukan Pencarian

“Kita mencari dengan memperlebar area pencarian. Juga akan meminta bantuan pemantauan dari nelayan yang sedang berada di sekitar lokasi,” terang Bustanil.

Adapun 10 POB KMN Ilham Kajang di ketahui bernama Aso, Tahir, Arjun, Dondong, Henra, Exon, Fian, Reza, Agus, dan Wahyu. Kapal tersebut mengalami kerusakan gearbox saat berlayar dan mengakibatkan mesin kapal mati.

“Semoga hari ini pencarian bisa membuahkan hasil dan KMN Ilham Kajang bisa segera di temukan beserta 10 POB dalam keadaan selamat,” harap Bustanil. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button