MetroNewsNusantaraSulsel

KLM Al Mubarok Hilang Kontak, Basarnas Sulsel Mengerahkan KN Sar Kamajaya 104 Lakukan Pencarian

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Badan SAR Nasional (Basarnas) menggerakkan Kapal Negara atau KN Sar Kamajaya, melakukan pencarian Kapal Layar Motor (KLM) Al Mubarok. KLM Al Mubarok hilang kontak dalam pelayaran dari pulau Sapuka Kabupaten Pangkep menuju Pelabuhan Paotere Makassar pada Rabu (28/9/2022) sekitar pukul 13.00 Wita.

Kapal tersebut sedianya sudah bersandar di Pelabuhan Paotere pada Kamis (29/9/2022) sekitar pukul 09.00 Wita, pagi. Namun hingga kini kapal tersebut belum-diketahui keberadaannya setelah berlayar 3 hari yang lalu.

Kejadian ini sudah-dilaporkan oleh keluarga korban ke Basarnas Sulsel dan-ditindaklanjuti dengan menyampaikan informasi ke VTS Makassar dan SROP Selayar. Agar di buatkan Maklumat Pelayaran (Mapel) ke kapal-kapal yang melintas di sekitar area rute. Yang rencana-ditempuh KLM Mubarak dari pulau Sapuka Pangkep menuju Pelabuhan Paotere Makassar.

Baca Juga: 18 Jam Pencarian, Tim Basarnas Temukan Pemilik Kapal yang Tenggelam di Paotere

“Kami menerima informasi dari keluarga korban yang langsung-ditindaklanjuti dengan pemapelan ke VTS Makassar dan SROP Selayar,” ungkap Djunaidi, Kepala Basarnas Sulsel.

Sempat beredar kabar tentang adanya kapal yang-ditarik kapal yang melintas-diduga KLM Al Mubarok. Namun setelah-dikonfirmasi informasi ini nihil. Karena itu, KN Sar Kamajaya 104 langsung-digerakan untuk melakukan pencarian di sekitar rute yang-diperkirakan akan-dilalui KLM Al Mubarok.

“Kami sempat menerima informasi adanya kapal yang-diduga KLM Al Mubarak yang-ditarik kapal yang melintas. Namun setelah di konfirmasi hasilnya nihil. Karena itu, hari ini (1/10/2022) kami langsung menggerakan KN Sar Kamajaya 104 melakukan pencarian”, jelas Djunaidi.

Baca Juga: SAR Gabungan Temukan Korban Tenggelam di Bila Riase Sidrap

Sementara itu, Kepala Operasi dan Siaga Basarnas Sulsel, Muh. Rizal yang memimpin langsung operasi pencarian menyampaikan bahwa KN Sar Kamajaya 104 meninggalkan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar menuju perairan Pulau Sapuka Pangkep akan menempuh jarak sekitar 135 millaut.

“Kami akan melakukan pencarian dengan sistem track a path, menyisir rute yang rencana-dilalui kapal KLM Al Mubarok dari pulau Sapuka ke Pelabuhan Paotere Makassar,” terang Rizal.

Proses ini,diharapkan menemukan tanda keberadaan KLM Al Mubarok dan 10 penumpang yang ada di dalamnya.

“Semoga pencarian bisa membuahkan hasil dan kapal tersebut beserta seluruh penumpang dalam keadaan selamat,” harap Rizal. (st/#)

# KLM Al Mubarok Hilang Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com