Wabup Sigi Yansen Pongi Harap Festival Lestari Kelima Berdampak Baik Pada Ekonomi Masyarakat

SIGI, NEWSURBAN.ID — Wakil Bupati Sigi Dr. Yansen Pongi SE,. MSi berharap event Festival Lestari kelima memberi dampak baik pada ekonomi masyarakat di Kabupaten Sigi melalui pengembangan pariwisata dan ekonomi forestry.

Harapan itu ia sampaikan saat memimpin rapat Rapat Koordinasi “Investment Forum Cagar Biosfer”, di aula kantor Bupati Sigi. Assisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sigi Iskandar Nontji, ST., MM selaku Ketua Panitia Festival Lestari kelima juga mengikuti kegiatan melalui video conference.

Festival Lestari merupakan Kegiatan Nasional. Dan di tahun ini Kabupaten Sigi dapat kepercayaan sebagai tuan rumah pelaksanaan festival lesatari yang kelima.

Baca Juga: Wabup Sigi Pimpin Rapat Sosialisasi Festival Lestari V dan Festival Danau Lindu, Ini Harapannya

Wabup Yansen Pongi mengatakan dalam pelaksanaan Festival Lestari ini l, Investment Forum clCagar Biosfer sangatlah penting. Karena model investasi yang bersifat regeneratif dengan memanfaatkan potensi hutan yang berkelanjutan dapat mendorong skema jasa ekosistem.

“Model investasi ini bertujuan menciptakan nilai investasi bernilai tambah dalam rangka melindungi hutan,” kata Yansen Pongi.

Kemudian dalam kegaitan ini Sekretaris Daerah Prov..Sulawesi Tengah menyampaikan dalam sambutannya bahwa dengan adanya Festival Lestari kelima ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Temu Kangen Masyarakat Komodo, Bupati Sigi Bahas Solusi Dampak Tsunami 2018

“Event ini dapat menciptakan produk-produk UMKM yang baru. Kemudian dapat menarik perhatian pengunjung dengan menmperkenalkan beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten sigi. Dan yang terakhir dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa pentingnya menjaga kelestarian alam,” jelas Sekda Provinsi Sulawesi Tengah.

Tidak hanya di Kabupaten Sigi. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah juga berharap agar kegiatan ini dapat berdampak baik kepada daerah-daerah yang berada di Sekitar Kabupaten Sigi.

Lebih lanjut, Wakil Bupati Sigi sangat bersyukur dan berterima kasih. Karena sudah mempercayakan Kabupaten Sigi sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Lestari kelima.

Baca Juga: Wagub Sulteng Panen Padi Bersama Mentan dan Bupati Sigi di Sidera

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih Kepada kementerian investasi, Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Balai besar taman Nasional Lore Lindu. Dan, mitra-mitra pembangunan yang sudah mendukung dan bergotong-royong mencari model bisnis Yang tepat dan berkelanjutan. Bagi Kabupaten Sigi Dan wilayah sekitarnya yaitu Kabupaten Poso, Kabupaten Donggala, kota Palu, dan Kabupaten Parigi Moutong.

Turut hadir dalam kegiatan ini, perwakilan APKASI, pemerintah daerah kabupaten Poso, Pemerintah daerah kota Palu. Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala, pemerintah daerah Kabupaten Parigi Moutong, Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, MAB Unesco Indonesia, dan Koalisi Ekonomi Membumi. (ysf)

↑
Exit mobile version