NewsSulsel

Tingkatkan Integritas Pejabat, Pj Sekda Sulsel Buka Penguatan Kapasitas Jabatan Administrasi Pemprov Sulsel

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Darmawan Bintang, membuka kegiatan Penguatan Kapasitas Jabatan Administrasi Pemprov Sulsel, yang digelar di Kampus I Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulsel, Jumat, 23 Juni 2023.

Andi Darmawan menjelaskan, kegiatan ini untuk meningkatkan integritas, kapasitas pengetahuan intelektual, emosional dan utamanya spiritual Pejabat Administrasi Lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel sesuai dengan misi gubernur Pemerintahan yang Melayani, Inovatif, dan Berkarakter.

“Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara pada pasal 70 disebutkan bahwa setiap ASN memiliki kesempatan untuk mengembangkan kompetensi melalui pendidikan dan pelatihan,” katanya.

Baca Juga: KI Sulsel Gelar Sidang Pemeriksaan Awal dan Mediasi Sengketa Informasi Publik Kabupaten Barru

Kegiatan khusus bagi Pejabat Administrasi lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel ini juga bertujuan agar di dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai unsur Aparatur Sipil Negara, melaksanakan tugas dan pekerjaannya dengan baik.

Andi Darmawan mengatakan, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) secara umum merupakan kunci keberhasilan pembagunan nasional. Karena di arahkan untuk meningkatkan kemampuan dan memiliki etos kerja yang produktif, terampil, kreatif, disiplin, dan profesional.

“SDM ASN ini kita harapkan bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, jujur, adil, dan merata. Dalam penyelenggaraan tugas negara pemerintahan dan pembangunan di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang berlandaskan pada nilai- nilai berakhlak,” tegasnya.

Baca Juga: Pj Sekda Sulsel Terima Kunjungan Dubes Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam

Tidak hanya itu, Pj Sekda berharap kegiatan ini dapat mengubah mindset (pola pikir) di dalam memimpin agar mampu menerapkan kolaborasi, eksisting, responsibility (tanggung jawab) dan membangun teamwork (kerja tim). Sehingga kinerja pemerintah provinsi semakin maju dan semua penilaiannya semakin baik.

Ia juga berpesan agar para Pejabat Administrasi lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel terus berupaya menemukan dan beradaptasi dengan kebiasan baru sebagai inovasi, baik dalam berfikir, bersikap maupun bertindak. Sehingga mampu menghadapi perubahan yang kompleks dan dinamis dengan Open Heart, Open Mind dan Open Will, untuk melihat berbagai tantangan dan peluang yang-dihadapi baik di lingkungan terkecil hingga di level nasional.

“Para peserta harus memiliki keinginan untuk terus belajar sehingga dapat meningkatkan cara melihat dunia lebih peka dan mampu menganalisis di berbagai level. Lebih dapat memahami saling keterkaitan dari berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar, dan belajar menciptakan ruang kerja yang menumbuhkan harapan serta semangat untuk maju dan adaptif juga belajar memimpin dengan hati dan berempati,” harapnya.

Baca Juga: Tindaklanjuti Dukungan Gubernur, Komandan Satdik 2 Kadiklatal Temui Pj Sekda Sulsel

Andi Darmawan juga berharap seluruh peserta dapat memanfaatkan kegiatan ini. Untuk lebih mengembangkan wawasan dan cara pandang yang baru dan segar. Dalam menyikapi setiap permasalahan yang akan di hadapi dalam proses pengembagan diri. Serta memiliki kemampuan berpikir konseptual strategis. Sehingga secara kreatif mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang-dipercayakan dengan mengedepankan nilai-nilai spiritual dan nilai-nilai berakhlak.

Kepala BPSDM Sulsel, Prof. Dr Muhammad Jufri, menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja. Dan profesionalisme seluruh pejabat administrasi lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel. Melalui pengembangan kompetensi yang berbasis spiritual, dan juga memperkuat budaya ASN BerAKHLAK pada setiap pegawai negeri sipil. Di dalam lingkungan unit kerja masing-masing.

“Juga untuk mengembangkan kemampuan kerjasama, komunikasi dan koordinasi sesama pejabat administrasi. Guna meningkatkan pelayanan prima kepada publik serta meningkatkan,” tuturnya.

Baca Juga: Program Prioritas Gubernur Andi Sudirman, Pemprov Sulsel Rehab RTLH di Pulau Barrang Lompo

Pengembangan kompetensi ini, lanjut Prof Jufri, di harapkan tidak hanya mengembangkan pengetahuan. Tapi juga skill dan attitude masing-masing peserta. Sehingga dengan pengembangan kompetensi yang memadukan konsep spiritualisme dan budaya ASN BerAKHLAK tersebut. Maka pelayanan kepada masyarakat lebih berkualitas dengan tujuan reformasi birokrasi akan pengembangan SDM dapat tercapai.

Prof Jufri menambahkan, secara keseluruhan peserta pelatihan akan-diikuti Pejabat Administrator dan Pengawas Lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel. Jumlahnya sebanyak 1.040 orang, yang terbagi atas sembilan angkatan

Untuk saat ini, akan di laksanakan angkatan pertama dan kedua dengan jumlah 230 peserta. Masing-masing angkatan pertama sebanyak 115 orang dan angkatan kedua sebanyak 115 orang. Kegiatan ini akan dimulai untuk angkatan pertama pada 23 Juni 2023 dan berakhir pada angkatan kesembilan 16 Agustus 2023. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button