MetroNewsSulsel

Pemkot Makassar Undang Pemkab se-Sulawesi Ikut MIF, Buka Ruang Kerja Sama dengan Investor Asing

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memberi kesempatan kepada seluruh pemerintah daerah menjajaki kerja sama dengan investor asing lewat Makassar Investment Forum (MIF) 2023.

MIF merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Rakernas APEKSI XVI yang akan berlangsung di Hotel Claro pada 14 Juli 2023, mendatang.

Tidak hanya mengundang peserta Rakernas APEKSI untuk mengikuti MIF, pemerintah kota juga membuka ruang kepada seluruh kabupaten di Sulawesi untuk bisa melakukan Business Matching dengan investor asing.

Apalagi sejauh ini sudah ada enam negara dari delapan yang diundang menyatakan siap dan ikut berpartisipasi di MIF 2023. Yakni, Australia, Jepang, Jerman, Belanda, Taiwan, dan Korea Selatan.

“Jadi semua peserta APEKSI kita undang, di tambah dengan kabupaten se-Sulawesi,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Makassar Andi Zulkifli Nanda, Senin (3/07/2023).

Baca Juga: Usai Mundur dari Partai NasDem, Danny: Saya Mundur dengan Respect dan Sopan Santun Tinggi

Andi Zulkifli Nanda juga mengaku sementara masih melakukan rekap untuk kota-kota atau kabupaten. Yang akan melakukan one on one meeting dengan para investor.

Namun yang jelas, pemerintah provinsi melalui Dinas PM-PTSP Sulsel telah memberikan dukungan. Dengan meminta seluruh Dinas PM-PTSP di Sulsel untuk ikut berpartisipasi pada MIF 2023 di Kota Makassar.

“Undangan sementara kita sebar, kita juga sudah dapat dukungan dari pemerintah provinsi. Jadi kalau ada daerah yang mau ketemu dengan investor kami siapkan tempat dalam kegiatan Business Matching atau one on one meeting,” jelasnya.

Untuk itu, Andi Zulkifli Nanda mengingatkan kepada seluruh kabupaten/kota yang ingin melakukan one on one meeting dengan investor agar menyiapkan data lengkap perihal proyek atau program yang akan dipresentasikan.

“Seperti Makassar itu kita akan menawarkan proyek Japparate ke investor asing. Harapan kita melalui MIF ini investasi di Sulawesi khususnya di Sulsel dan Makassar semakin menggeliat,” harap Andi Zulkifli Nanda.

Baca Juga: Danny Pomanto Revitalisasi Kontainer Makassar, Lebih Mudah Akses 40 Layanan Publik Lewat Konter

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto mengajak pemerintah daerah se-Indonesia khususnya di Sulawesi untuk mengambil peluang memperkenalkan berbagai potensi investasi yang bisa di kerjasamakan.

“Kita juga berikan kesempatan kepada kabupaten se-Sulawesi menjajaki peluang kerja sama dengan investor asing. Ini waktunya untuk memperkenalkan potensi daerahnya masing-masing,” tutup Danny Pomanto.

Sebagai tuan rumah, Rakernas APEKSI XVI di Kota Makassar pada 10-14 Juli di rangkaikan dengan beberapa kegiatan. Seperti, Youth City Changers (YCC), MIF.

Indonesia City Expo, Gala-Dinner, City Tour and Kuliner, Ladies Program, Karnaval dan Pawai Budaya. Dan Afternoon Tea di atas Kapal Pinisi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button