NasionalNewsNusantaraSulsel

Dekranasda Sulsel Studi Tiru di Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin Sidoarjo Jawa Timur

SIDOARJO, NEWSURBAN.ID — Pengurus dan anggota Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan studi tiru di sentra kerajinan kulit Tanggulangin Sidoarjo Jawa Timur. Lokasi studi tiru di Galeri Morfby, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu, 19 Juli 2023.

Di tempat ini, tim Dekranasda Sulsel melihat langsung bagaimana pembuatan hasil produk kerajinan tangan dari kulit asli. Hingga menghasilkan tas, sepatu, topi, dompet dan beberapa aksesoris lainnya.

“Kami berharap bisa belajar banyak dari galeri di sini. Terutama bagaimana membantu perajin dalam mengolah beragam bahan baku dari kulit,” kata Ketua Dekranasda Sulsel, Naomi Octarina, di sela studi tiru di sentra kerajinan kulit Tanggulangin Sidoarjo.

Baca Juga: Andi Sudirman dan Khofifah Indar Parawansa Bertemu Perkuat Kerjasama Berbagai Bidang

Pada kesempatan tersebut, Dekranasda Sulsel juga memboyong pengrajin untuk melihat langsung dan belajar terkait produk. Mereka di minta mendalami seni ukir dan berbagai jenis kerajinan. Seperti yang di produksi galeri Morfby.

Dengan begitu, Naomi berharap perajin serupa di Sulsel juga dapat menghasilkan produk baru yang berkualitas nantinya. Bahkan ia mendorong agar bisa tembus pasar ekspor.

Baca Juga: Melalui UKM Expo 2022, Dekranasda Jateng-Dekranasda Sulsel Jalin Kerjasama

Naomi menilai, Jawa Timur menjadi tempat yang tepat karena memiliki banyak produk beraneka ragam. Para perajin di sana terinspirasi dari sejarah dan budaya yang kaya.

“Tentu kita berharap hasil produksi dan kreativitas teman-teman perajin di Sulsel lebih kita tingkatkan. Agar bisa menembus pasar (ekspor),” harapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button