EkonomiMetroNewsNusantaraSulsel

Melalui UKM Expo 2022, Dekranasda Jateng-Dekranasda Sulsel Jalin Kerjasama

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Ketua Dekranasda Provinsi Sulsel Naoemi Octarina mengapresiasi Dekranasda Jateng gelar UKM Expo 2022 Goes to Sulsel di Mall Phinisi Point, Metro Tanjung Bunga, Jum’at, 21 Oktober 2022.

Dalam sambutannya, Naoemi Octarina mengucapkan selamat datang kepada Ketua Dekranasda Provinsi Jateng dan terima kasih atas kepercayaannya memilih provinsi Sulsel. Sebagai tempat pelaksanaan UKM Dekranasda Jateng Expo 2022.

“Kami sangat mengapresiasi yang luar biasa serta dukungan atas pelaksanaan kegiatan pameran ini. Di mana sebagai ajang promosi, komersialisasi, dan penyebaran informasi. Serta sharing program tentang bagaimana keberadaan Dekranasda bisa di rasakan betul manfaatnya untuk kemajuan dan kesejahteraan para pengrajin,” ujarnya.

Baca Juga: Dekranas Akan Beri Pelatihan Anyaman Lontar dan Bambu

Istri Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman itu, juga menambahkan, bahwa dengan memasuki era revolusi industri di mana, digitalisasi akan mengambil peran yang sangat penting. Dan sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk yang sangat tinggi serta UKM yang sangat banyak perlu mensiasati hal itu. Salah satunya adalah menjalin hubungan kerjasama antar daerah.

“Tentu dengan menjalin kerjasama ini, akan memperluas pemasaran terutama memperkuat pemasaran dalam negeri. Agar tidak dikuasai oleh negara asing yang produk-produknya mudah diakses melalui digital. Dan ini sejalan dengan program pemerintah yakni Bangga Buatan Indonesia,” ungkapnya.

“Saya berharap semoga kegiatan pameran ini dapat berjalan dengan lancar. Dan menjadikan hubungan antara Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemerintah Provinsi Jateng dapat terjalin semakin baik lewat kolaborasi yang di bangun,” harapnya.

Baca Juga: Dekranasda Sulsel Komitmen Angkat Produk Lokal

Di tempat yang sama, Ketua Dekranasda Provinsi Jateng, St Atikoh Ganjar Pranowo menyampaikan selamat hari jadi Sulsel yang ke 353 tahun. Jika di amati Sulsel ini sebagai pintu gerbang Indonesia Timur terkait dengan perdagangan, dan pendidikan.

“Ini adalah salah satu alasan kenapa kami (Provinsi Jateng) Expo 2022 memilih provinsi Sulsel untuk di lakukan di Makassar,” ucap St Atikoh Ganjar Pranowo.

“Kita berharap agar Dekranasda Provinsi Jateng dan Dekranasda Provinsi Sulsel ini, bisa saling continue dan sama-sama saling belajar,” tambahnya.

Baca Juga: Buka Musda Dekranasda Sulsel, Andi Sudirman Galakkan Pengunaan Produk Dalam Negeri

Menurut St. Atikoh Ganjar, di karenakan juga karena perekonomian secara global agak berpengaruh, dan bagaimana produk-produk lokal itu, bisa mendunia. Tentu dengan mencintai produk dalam negeri.

St Atikoh juga menjelaskan, jika beberapa produk lokal baik dari Provinsi Sulsel maupun Provinsi Jateng yang di tampilkan pada pameran hari ini. Seperti fashion, mulai dari kain sampai produk yang telah jadi baik tas, baju, sepatu kemudian dari aksesoris-aksesoris. Bahkan ada yang dari limbah elektronik yang bisa menghasilkan karya yang luar biasa.

Selain itu, berbagai batu-batuan, dan kopi. Terutama kopi dari Temanggung Jawa Tengah sudah sangat terkenal bahkan luar negeri sudah di akui.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Darma Wanita Persatuan Sri Rejeki Hayat, Ketua Dekranasda Kabupaten Maros, Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa. Ketua Dekranasda Kabupaten Banyumas, hadir lewat virtual Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki. Dan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo serta para pelaku usaha UMKM. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com