EkonomiNewsNusantaraSulsel

Dekranas Akan Beri Pelatihan Anyaman Lontar dan Bambu

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat akan menggelar kegiatan pelatihan, anyaman lontar dan bambu yang di berikan pada pelaku kerajinan di Sulawesi Selatan.

Pelatihan anyaman ini terungkap, saat adanya kunjungan dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian ESDM, di kantor Dekranasda Provinsi Sulsel, Kamis (20/10). Kemudian melanjutkan kunjungannya ke Kabupaten Pangkep.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sulsel. Ahmadi Akil, menerima langsung perwakilan tersebut.

Baca Juga: Kareba Masuk Top 30 Inovasi Sulsel

Tim DEKRANAS wira usaha baru Uci Zulfikri, menjelaskan dalam pelatihan menitikberatkan penganyaman dan Kerajinan Bambu atau kayu. “Inilah yang kami dorong, potensi anyaman luar biasa, tidak kalah dengan tenun,” terangnya.

Uci menyebutkan, pelatihan seperti ini sudah pernah di lakukan di tiga daerah, tahun lalu, di Bali, Yogyakarta dan Sukabumi. Dan tahun ini, kembali digelar di tiga wilayah yaitu Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Barat. “Kami sudah melakukan survey,di dua tempat, yang satu masih sementara,” jelasnya.

Khusus untuk Sulsel rencananya akan akan di laksanakan di kawasan Rammang-rammang. Namun Uci menambahkan tidak menutup kemungkinan bisa di tempat lain. Yang terpenting bahan bakunya berlimpah dan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) terpenuhi.

Baca Juga: Dekranasda Sulsel Komitmen Angkat Produk Lokal

“Yang terpenting Pengrajinnya banyak, karena kami akan datang langsung dengan desain, produk dari anyaman bambu, lontar. Namun saat ini fokus ke lontar sesuai arahan,” papar Uci.

Para peserta nantinya, menurut Uci akan berasal dari Kabupaten dan kota di mana mereka akan mendapat materi, tentang anyaman. Sehingga nantinya di harapkan bisa menambah nilai dari produk tersebut.

“Pelatihan UMKM, nanti juga akan di perkenalkan tentang ‘Coiling Bambu’. Yang akan di laksanakan pada Bulan Desember, dan pendaftarannya gratis,dan juga akan di berikan uang saku kepada 70 peserta,” sebut Uci.

Baca Juga: Strategi Dekranasda Sulsel Kenalkan Produk Lokal: Tiap Hari Beda Tema

Sementara itu, Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau menyambut baik, rencana pelatihan tersebut. Dan mendorong penggunan barang kerajinan dari UMKM.

“Semua pejabat atau istri pejabat harus menggunakan barang, kerajinan dari ukm,” kata Yusran Lalogau, yang menerima langsung tim Dekranas. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com