EkonomiNasionalNewsNusantaraSulsel

Dekranasda Sulsel Komitmen Angkat Produk Lokal

*Tas Anyaman Lontar Atap Konjo Raih Penghargaan Kriya Nusa

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Pendampingan dan pembimbingan maksimal Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulsel berbuah hasil. Produk lokal Sulsel berupa Tas anyaman lontar produksi Atap Konjo Kabupaten Bulukumba berhasil meraih penghargaan pada Pameran Kerajinan Nusantara (Kriya Nusa) di Jakarta, baru-baru ini. Selain, tas anyaman lontar, Dekranasda Suslel juga menampilkan beragam produk lokal pada event itu.

Ketua Dekranasda Sulsel, Naomi Octarina menjelaskan, daerah ini sangat kaya akan potensi sumber daya alamnya. UMKM pun kini sangat bersemangat untuk mengolanya menjadi produk yang fungsional.

“Dekranasda hadir menjadi wadah untuk membuat produk lokal dikenal publik. Salah satunya lewat Pameran Kriya Nusa tersebut,” jelasnya.

Baca Juga: Produk Tas Anyaman Lontar Atap Konjo, Harumkan Bulukumba di Kancah Nasional

Salah satu daerah yang produknya menonjol pada Pameran Kriya Nusa tersebut berasal dari Dekranasda Bulukumba. Dari Butta Panrita Lopi—julukan Bulukumba, ada Tenun Bira dan Tenun Kajang yang diboyong.

Ketua Dekranasda Bulukumba, Andi Herfida Attas mengatakan, pihaknya benar-benar memberikan kesempatan kepada UMKM untuk bisa tampil maksimal pada Pameran Kriya Nusa lalu.

“Kami juga khusus mendatangkan pengrajinnya langsung. Jika selama ini, hanya produk yang mereka bawa ke pameran-pameran, nah kita mau pengrajinnya juga datang langsung. Dengan begitu, para pengrajin juga bisa meningkatkan pengalaman dan pengetahuannya,” papar Andi Herfida.

Baca Juga: Strategi Dekranasda Sulsel Kenalkan Produk Lokal: Tiap Hari Beda Tema

Terkait Tenun Kajang, ia menyampaikan jika sesuai budaya Kajang maka yang menonjol itu warna hitam. Nah pada produk tenun sarung Kajang-diberi lurik agar lebih menarik perhatian.

Sementara untuk Tenun Bira,ditonjolkan bahwa setiap coraknya ada desain Pinisi sebagai ciri khas. “Ini menjadi menanda bahwa produk tersebut berasal dari Bulukumba yang memang terkenal dengan Pinisnya,” lanjutnya.

Nah yang tidak kalah membanggakannya, yakni salah satu produk berupa tas anyaman lontar yang-diproduksi UMKM Atap Konjo. Produk kerajinan tangan tersebut mewakili Sulsel dan berhak atas penghargaan dari Dekranasda Pusat sebagai produk unggulan potensial 2022.

“Ke depan tentu kita mau terus kembangkan, agar lebih baik lagi. Desain akan-dibuat lebih bagus, simpel dan cocok bagi semua orang,” katanya. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button