NewsSulsel

Jembatan Lama Pacongkang Rawan Roboh, Pemprov Sulsel Hadirkan yang Baru dengan Konstruksi Lengkung Baja

SOPPENG, NEWSURBAN.ID – Pembangunan Jembatan Pacongkang di Kabupaten Soppeng menjadi salah satu prioritas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sulawesi Selatan dan telah-diresmikan pada Rabu, 23 Agustus 2023. Jembatan  baru dengan konstruksi lengkung baja ini menggantikan jembatan Pacongkang lama yang rawan roboh.

Pasalnya, jembatan jembatan lama adalah jembatan gantung kayu yang sudah sudah berusia 30 tahun. Jembatan itu, di bangun pada tahun 1993, sehingga tidak aman lagi di gunakan masyarakat.

Selain jembatan Pacongkang lama rawan roboh, kondisinya juga sempit sehingga kendaraan yang lewat harus satu per satu dari satu arah.

Baca Juga: Gubernur Segera Resmikan Jembatan Pacongkang, Jembatan Pelengkung Baja Terpanjang di Sulsel

Gubernur Andi Sudirman Sulaiman sendiri punya pengalaman mengakses jembatan ini.

“Kenapa, karena saya pernah lewati jalan di sebelah itu (jembatan lama), agak mengerikan sedikit karena sudah bunyi-bunyi besinya,” tuturnya.

Adapun jembatan baru dengan struktur jembatan dengan rangka baja pelengkung. Dengan panjang bentangan pada bagian tengah 128 meter, bentang kiri kanan masing-masing 25 meter. atau total bentang sepanjang 180 meter, dan lebar 7 meter, beserta dukungan trotoar kiri dan kanan masing-masing 1 meter. Jembatan ini adalah jabatan pelengkung baja terpanjang di Sulsel.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Andi Sudirman Resmikan RSUD La Mappapenning

Warga di daerah sekitar sendiri mengaku bersyukur hadirnya jembatan ini, karena jembatan lama di nilai berisiko dan rawan roboh.

“Kami berterima kasih ke Bapak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, dulunya sangat memperihatinkan. Sekarang sudah cantik dan bisa digunakan masyarakat antara kecamatan,” sebut Tammase. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button