NewsSulteng

Wali Kota Palu Mendapat Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra dari KLHK

PALU, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid bakal mendapat penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra dari Kementerian Lingkup Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kabar itu berdasarkan surat resmi dari Sekjen KLHK, tanggal 23 Agustus 2023.

Dalam surat itu, tercantum Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mendapat penghargaan dari KLHK, berupa anugrah penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra tahun 2022, bersama 4 Provinsi dan 15 kota lainnya.

Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari pemerintah kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan. Dan atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas hidup di daerahnya.

Baca Juga: Pemkot Palu Belajar Pengelolaan Lingkungan dan Persampahan di Kota Balikpapan

Penilaian penganugrahan green leadership yang akan-diterima oleh Walikota Palu, pelaksanaannya bukan hanya untuk kepada pemimpin daerah semata. Tetapi penilaiannya juga kepada unsur legislatif yaitu ketua DPRD, yang-dianggap memiliki komitmen dalam menjaga lingkungan lewat perumusan peraturan daerah. Yang di angap berpihak pada pembangunan berkelanjutan. Seperti pembuatan peraturan daerah tentang pengelolaan sampah, tentang masyarakat adat atau tanah obyek reforma agraria (TORA).

Namun untuk tahun ini, Kota Palu, mendapatkan penghargaan untuk Walikota Palu dan Pemerintah daerahnya sekaligus.

“Adapun untuk penilaian legislatif yaitu DPRD, kayaknya tahun ini belum dapat,” ucap Ibnu Mundzir, Sekretaris DLH Kota Palu.

Baca Juga: Wali Kota Palu Bersama Pelaku Usaha Bahas Pembatasan Penggunaan Kemasan Plastik

Ia menjelaskan, dasar penilaian penghargaan Nirawasita Tantra adalah Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD). “DIKPLHD di susun setiap tahun oleh tim yang di bentuk oleh Kepala Daerah. Yang keangotaannya melibatkan organisasi perangkat daerah terkait, perguruan tinggi dan lembaga swadaya masyarakat. Yang di kukuhkan oleh SK walikota palu,” terang Ibnu.

Menurutnya, penilaian dokumen, di lakukan. Setelahnya di lakukan wawancara tim penelis yang beranggotakan akademisi, LSM serta pejabat KLHK dan tim independent.

“Kemudian wawancara kepada Kepala Daerah yang dianggap telah layak untuk mendapatkan anugrah Nirwasita Tantra. Untuk verifikasinya di lakukan peninjauan lapangan terhadap berbagai obyek vital. Seperti TPA, pasar, obyek wisata dan lainnya, serta berbagai inovasi pembangunan berkelanjutan lainnya yang telah-dilakukan oleh Pemerintah Kota Palu,” tuturnya.

Baca Juga: Tanam 1.100 Bibit Mangrove di Pantai Bulu Pountu, Pemkot Palu Apresiasi PLN dan Komunitas Pemerhati Lingkungan

Sementara, penghargaan Green Leadership yang akan di terima oleh Walikota Palu, menunjukan bahwa Walikota Palu, H. Hadianto Rasyid, di nilai sebagai pemimpin yang berwawsan lingkungan, bersemangat, proaktif, penuh inisiatif dan kreatif terhadap kepentingan orang banyak dan alam semesta di Kota Palu.

Hadianto Rasyid di anggap, mampu merumuskan sekaligus menerapkan kebijakan dan program kerja. Sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan serta terbukti mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup di Kota Palu.

Penghargaan akan di serahkan langsung oleh Menteri LHK RI, Siti Nurbaya di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti KLHK pada hari Selasa, tanggal 29 Agustus 2023.

“Menjadi suatu kebanggan sebab merupakan hal yang pertama kali di terima oleh Pemerintah Kota Palu dan Wali Kota Palu secara individu,” pungkas Ibnu Mundzir. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button