NewsSulsel

Angka Perkawinan Anak di Toraja Utara Tinggi, Sofha Marwah Minta Pengurus PKK Gencarkan Sosialisasi

TORAJA UTARA, NEWSURBAN.ID – Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Selatan (Sulsel), Sofha Marwah Bahtiar, terkejut saat mendengar laporan Wakil Ketua TP PKK Toraja Utara, Damayanti B Palimbong, terkait angka perkawinan anak di Toraja Utara yang cukup tinggi.

“Kasus perkawinan anak sampai Bulan September ini mencapai 34 kasus, enam laki-laki dan 28 perempuan,” ungkap Damayanti Palimbong, saat menyampaikan laporannya, dalam Silaturahmi dan Monitoring Program Pj Ketua TP PKK Sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Sulsel, di Kabupaten Toraja Utara, yang dilaksanakan di Obyek Wisata Ke’te Kesu, Rabu, 27 September 2023.

Damayanti juga menyampaikan sejumlah program yang di laksanakan PKK dan Dekranasda Toraja Utara. Meskipun baru memulai di Bulan April 2023, tetapi sudah ada beberapa yang terlaksana. Di antaranya, sosialisasi narkoba, sosialiasi adiksi gadget bagi anak, dan sejumlah pelatihan untuk pelaku IKM dan UMKM.

Baca Juga: Sofha Marwah Kagumi Keindahan Toraja

Sementara, Sofha Marwah menaruh perhatian yang cukup besar terhadap tingginya angka perkawinan anak di Toraja Utara. Iapun meminta agar para pengurus PKK menggencarkan sosialisasi, untuk mencegah perkawinan anak.

“Perkawinan anak ini ada juga kaitannya dengan stunting. Karena itu, edukasi melalui sosialisasi harus di gencarkan lagi,” kata Sofha.

Sofha mengakui, masa remaja adalah masa yang paling susah di kendalikan. Karena itu, edukasi harus terus menerus di lakukan dan ada strategi khusus bagi remaja.

Baca Juga: Dibuka Sofha Marwah, Jambore PKK Tana Toraja Kembali Digelar Setelah Delapan Tahun Vakum

“Kita punya tagline 20 – 23 untuk usia perkawinan. Minimal 20 tahun untuk perempuan, dan 23 tahun untuk laki-laki,” ungkapnya.

Ia juga mengapresiasi sejumlah program yang telah di laksanakan PKK dan Dekranasda Toraja Utara. Sofha berharap, ke depan semakin banyak program yang bisa di sinergikan.

“Mudah-mudahan ke depan lebih bersinergi lagi. Jangan sungkan untuk bicara ke kami di provinsi, apa yang kurang atau butuh di bantu bisa di diskusikan kembali,” kata Sofha. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button