MetroNews

Pemkot Makassar Siap Resmikan Green Building untuk Mewujudkan Makassar Low Carbon

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan merencanakan peresmian green building Makassar Government Center (MGC) April mendatang sebagai langkah mewujudkan Kota Makassar yang low carbon.

“Dapat kita lihat bahwa Makassar Green Building kita akan resmikan tahun ini. Green building untuk Pemkot Makassar pertama ialah MGC di Balaikota yang low carbon,” kata Danny Pomanto sapaan akrabnya pada sela-sela Rakorsus, Senin, (26/02/2024).

Selain pembangunan yang ramah lingkungan, pihaknya juga berkonsentrasi pada Green Transportation.

Baca Juga: Profesor Monash University Tony Wong Jadi Pembicara di Rakorsus Pemkot Makassar 2024

Yang mana menghadapi kereta api yang akan masuk Makassar dan maka pihaknya tetap mempertahankan konsep elevated atau layang.

Danny mengaku memilih feeder kereta apinya dengan metro kapsul. Lantaran bentuknya yang kecil sehingga cocok dengan akses jalan yang kecil di sekitarnya.

Pria berlatar pendidikan arsitektur ini mengungkapkan kebutuhan transportasi darat-timur adalah kebutuhan transportasi yang mendesak.

Dalam penelitiannya 15 tahun lalu diketahui perpindahan orang dari barat ke timur Makassar, penumpangnya mencapai 675 ribu. Yang mana berpindah dari permukiman sebelah timur ke barat sebagai tempat kerja.

Apalagi hari ini maka hipotesisnya hampir 1 juta orang bergerak barat timur tiap hari.

Baca Juga: Tari Pajoge Macenning Awali Rangkaian Rakorsus Pemerintah Kota Makassar

“Kebutuhan feeder kita setelah KA stasiunnya berhenti di new port maka metro kapsul yang akan melayani bangkitan dan tarikan transportasi timur-barat,” ungkapnya.

Itulah mengapa, dia mengundang para peneliti dan profesor dari berbagai universitas terkemuka dalam Rakorsus ini sebagai bekal pejabat Pemkot Makassar mengambil keputusan.

Ada expert di bidang solar farming, expert di bidang green building, expert di bidang green transportation. Olehnya, jelas dia, lengkaplah secara teoritikal, penelitian dan praktek.

“Kebutuhan low carbon ialah bukan kebutuhan saya sebagai wali kota, tetapi kebutuhan hidup kita semua untuk kota Makassar yang baik untuk semua,” pesannya. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button