NewsPemilu 2024PolitikSulsel

Jelang Pemilu 2024, Pj Gubernur Bahtiar Pimpin Rakor dengan Forkopimda, Forkopimcam, KPU dan Bawaslu se-Sulsel

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), KPU dan Bawaslu se Sulsel, di Hotel Claro Makassar, Rabu, 11 Oktober 2023.

Pj Gubernur Sulsel menyampaikan, betapa pentingnya memperhatikan tahapan-tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Mulai dari cuaca pada saat tanggal 14 Februari 2024, distribusi logistik, gudang, pembersihan alat peraga kampanye, kemudian kesiapan Linmas, Satpol PP dan seluruh tim terkait.

“Tahun 2019 banyak yang mengalami kelelahan. Kita harus melakukan siaga satu terhadap seluruh dinas kesehatan dan relawan kesehatan, tempatnya harus ada terdekat dari TPS. Siaga satukan itu relawan kesehatan dan tenaga kesehatan, supaya ketika ada yang sakit atau lelah bisa tangani langsung. Itu adalah solusi untuk mencegah kelelahan dari tim di TPS,” jelas Bahtiar.

Baca Juga: Anggaran Pilkada Sulsel 2024 Capai Rp224 Miliar

Menurut dia, seluruh Forkopimda, Forkopimcam, penyelenggara Pemilu dan seluruh yang hadir sudah paham. Bagaimana menjalankan tugas dan tanggung jawab pada Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Tugas kepala daerah adalah memfasilitasi seluruh lembaga negara, seperti KPU, Bawaslu, unsur vertikal. Dan seluruh lembaga lainnya yang berkaitan dengan Pemilu untuk menyukseskan pesta demokrasi tahun 2024.

“Saya pikir ini bukan hal baru, bapak ibu semua sudah lakukan, namun tugas saya sebagai Pj. Gubernur Sulsel memastikan tahapan Pemilu di Sulsel berjalan aman, damai dan tentram. Selain itu, minta tolong Bupati/Wali Kota gelar kegiatan (tingkat kabupaten/kota), bagaimana netralitas ASN dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak,” harap Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri itu.

Baca Juga: Gowa Pertama di Sulsel Laksanakan Penandatanganan NPHD Pilkada

Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Andi Ina Kartini Sari, menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sulsel. Atas kegiatan yang luar biasa, bisa mengumpulkan seluruh stakeholder terkait Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

“Kami baru dapat ada kegiatan seperti ini, ini sangat luar biasa Bapak Gubernur. Izin kami akan mendukung dari segi pembahasan anggaran Pemilu dan Pilkada serentak. Alhamdulillah kita yang pertama melakukan tanda tangan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) dengan KPU dan Bawaslu Sulsel,” ungkap Andi Ina.

Sebagai bukti keseriusan DPRD dan Pemprov. Sulsel untuk menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak 2024, langsung di lakukan rapat paripurna terkait Ranperda APBD Pokok 2024. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button