NewsSulsel

Pangkoopsud II yang Baru Dukung Program Pj Gubernur Bahtiar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menerima audiensi dari Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II yang baru, Marsekal Muda (Marsda) TNI Budhi Achmadi, di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa, 31 Oktober 2023.

Budhi Achmadi didampingi oleh Aspotdirga Kaskoopsud II Kolonel Lek Sudirman dan Asops Kaskoopsud ll Kolonel Pnb. Abram Robert.

Bahtiar menyampaikan apresiasi atas silaturahmi ini. “Terima kasih atas kunjungan Bapak Pangkoopsud atas silaturahmi ini. Ini akan memperkuat sinergi kita di Sulsel,” kata Bahtiar.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Lantik Pj Bupati Enrekang dan Pj Wali Kota Parepare, Minta Segera Bergerak dan Bekerja

Bahtiar juga memaparkan persoalan yang dihadapi di Sulsel. Diantaranya kekeringan dan krisis air bersih yang berdampak pada banyak hal. Baik kebutuhan air warga, pemadaman bergilir, demikian juga untuk target produksi pangan di Sulsel.

Menurutnya, manajemen pemanfaatan air harus tercipta dengan baik. Sedianya masih tersedia air yang perlu dioptimalkan penyalurannya.

“Sulawesi Selatan, salah satu dari enam penghasil pangan terbesar di Indonesia, jangan sampai bermasalah. Hal tersebut akan berpengaruh di Indonesia bagian timur,” ungkap Bahtiar.

Tidak terkecuali bersama Forkopimda lainnya, Koopsud memiliki peranan besar dalam membantu menyelesaikan berbagai persoalan yang ada.

Baca Juga: Pacu Cakupan Imunisasi, Sofha Marwah Bahtiar Gerakkan Pengurus dan Kader PKK Kabupaten Kota di Sulsel

Kunjungan Pangkoopsud II, selain silaturahmi juga menjelaskan wilayah teritorialnya serta dukungan terhadap program Pj Gubernur Sulsel Bahtiar memimpin Sulsel. Kunjungan ini juga terkait sinergi terhadap antisipasi kebencanaan.

“Saya sebagai Panglima Komando Operasi Udara yang baru tentunya akan ikut mendukung program-program Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan,” kata Marsda TNI Budhi Achmadi.

Komando Operasi Udara sendiri, melakukan pembinaan di wilayah teritorial atau pembinaan potensi Dirgantara. Sehingga apa yang menjadi permasalahan di wilayah tersebut juga menjadi tanggung jawab TNI Angkatan Udara (AU) untuk mengatasi persoalan yang ada.

Baca Juga: Ombudsman Sulsel Temui Danny Pomanto Bahas Polemik Pasar Butung

“Sehingga apa-apa yang menjadi masalah di sini kita juga ikut berperan untuk mengatasi. Sehingga kami hadir di Kantor Gubernur ini untuk diskusi awal dengan Pak Gubernur, apa yang bisa kami bantu untuk pemerintah daerah,” ujarnya.

Termasuk dalam hal upaya terkait ketersediaan air di Sulsel dengan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang juga mencuat dalam pertemuan ini. Melalui Satgas Udara, menjadi prioritas TNI Angkatan Udara untuk membantu, di koordinasikan dengan Mabes TNI-AU.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Amson Padolo, menyampaikan, Pemprov Sulsel terkait kebencanaan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan TNI-AU.

“Apabila terjadi hal-hal yang tidak di inginkan terkait kebencanaan, TNI Angkatan Udara itu siap membantu Pemprov Sulsel dalam penanganan kebencanaan,” kata Amson. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button