NewsOlahragaSulteng

Hadiri Fun Run Negeri 1000 Megalit Road to PON XXI/2024, Gubernur Rusdy Mastura: PON XXI Aceh-Sumut Kita Target 10 Medali Emas

PALU, NEWSURBAN.ID – Dalam rangka mempersiapkan para atlet Sulteng menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Tengah menggelar acara Fun Run Negeri 1000 Megalit pada Sabtu, 23 Desember 2023, di Jalan Moh Hatta, Kota Palu.

Fun Run ini melibatkan atlet-atlet Sulteng yang lolos PON sekaligus mengundang para Ketua Pengprov Cabor menghadiri Fun Run Negeri 1.000 Megalit.

Dalam kegiatan ini Gubernur Rusdy Mastura sangat antusias menyambut Fun Run. Ia juga menargetkan kontingen Sulteng di PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

Baca Juga: Waspada! Ada Akun Medsos Mencatut Nama Gubernur Sulteng

“Jika pada PON Papua hanya 1 medali emas, pada PON XXI Aceh-Sumut kita menargetkan 10 medali emas, bahkan saya optimistis bisa mencapai 15 medali emas,” ujar Gubernur

Sementara itu Ketua Umum KONI Sulawesi Tengah Nizar Rahmatu berharap Fun Run ini dapat menjadi agenda tahunan untuk Sulteng. Selain 5 km, di masa depan diharapkan dapat ditambahkan kategori 10 km dan half marathon 21 km.

Selain itu menurut Nizar, Peningkatan jumlah atlet Sulteng yang lolos ke PON XXI mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“di bawah kepemimpinan Bapak Rusdy Mastura, jumlah atlet kita meningkat 300% dari PON XX Papua 2021, yang saat itu hanya 62 atlet, sekarang mencapai 209 atlet,”ujar Nizar Rahmatu.

Baca Juga: Wakili Gubernur, Karo Hukum Pemprov Sulteng Adiman Resmikan Gereja Elim Maholo Klasis Napu GKST

Menpora Dito Ariotedjo melalui Asisten Deputi Bidang Olahraga Kemasyarakatan, Dr. Yayan Rubaeni, mengapresiasi partisipasi Sulteng yang meramaikan PON XXI.

“PON tidak hanya meriah di tuan rumah, sesuai harapan Presiden, PON ini bukan hanya untuk unjuk kekuatan. Tetapi menyatukan kita semua. Apalagi kita di tengah pesta demokrasi, olahraga harus bisa mempersatukan kita semua,” kata Yayan saat membacakan sambutan Menpora Dito Ariotedjo.

Dalam kesempatan yang sama, Marciano, Ketua Umum KONI Pusat, mengapresiasi kinerja KONI Sulawesi Tengah dan dukungan dari Gubernur Rusdy Mastura.

Baca Juga: Offroad Rusdy Mastura Adventure-Digelar, Offroader Apresiasi Gubernur Sulteng

“Dengan jumlah atlet dan cabang olahraga terbanyak dari Sulawesi Tengah yang mengikuti PON XXI. Tentu hasil pembinaan olahraga prestasi yang tertata dengan baik. Dan di dukung oleh Gubernur dan jajarannya yang luar biasa,” ujar Marciano.

“Dengan banyaknya atlet yang lolos kualifikasi PON XXI, diharapkan dapat meraih lebih banyak medali daripada PON sebelumnya,” tambahnya. (ysf/*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button