NewsSulsel

Ditanam Tiga Bulan Lalu, Pohon Pisang Cavendish di Mare Kini Setinggi Pinggang Orang Dewasa

BONE, NEWSURBAN.ID – Tiga bulan lalu, bibit pohon pisang cavendish yang ditanam oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, di Kecamatan Mare Kabupaten Bone sudah tumbuh dengan baik. Di antaranya di Sentra Pembibitan Cavendish di Dusun Waru, Desa Batugading, dan Dusun Cenrana, Desa Tellongeng, di Kecamatan Mare.

“Lahan di sini memang subur sekali, dengan kita tanami pisang cavendish nilai keekonomiannya jauh lebih tinggi. Selama ini di sini ditanami tebu. Jadi cavendish nilai keekonomiannya jauh lebih tinggi,” ujar Bahtiar, Jumat, 12 Januari 2024, usai mengunjungi dua lokasi tersebut bersama Pj Bupati Bone Andi Islamuddin.

Tinggi pohon pisang cavendish di dua lokasi ini sudah setinggi pinggang hingga bahu orang dewasa.

Baca Juga: Pemkab Bone Kebagian Satu Unit Damkar dari Pemprov Sulsel

“Kita tanam pisang cavendish di sini sudah secara ilmiah dan-diteliti dan-disiapkan oleh tim yang berpengalaman menanam pisang cavendish, ini kawan-kawan dari Pulau Jawa Barat dan Lampung. Kami bawa ke sini yang memang sudah berkebun pisang cavendish yang melakukan asistensi langsung,” kata Bahtiar.

Satu hektar lahan yang-ditanami pisang cavendish, ungkap Bahtiar, minimal Rp180 juta per hektare. Apalagi jika sudah ada jaminan pasarnya, karena contract farming, pembelinya sudah antri.

Ia membeberkan, telah ada pengusaha lokal eksportir ke China yang meminta 500 kontainer untuk dapat di penuhi setiap minggu. Demikian juga, ada beberapa perusahaan yang mengajukan minat membeli hasil pisang cavendish.

Baca Juga: Dari Desa ke Desa Pj Gubernur Sulsel Jalan Kaki Hingga Lewati Titian Bambu

Negara-negara yang mengonsumsi pisang, seperti Arab (Timur Tengah), China, Jepang dan Korea. Sedangkan di negara tersebut, pisang tidak tumbuh dengan baik. Total 65 negara dunia yang meminta pisang Indonesia dan baru bisa di penuhi 1 persen.

“Jadi harus tanam lebih banyak lagi karena cavendish ini komoditi pisang yang di minati seluruh dunia. Dan kekuatannya Indonesia dan Sulsel itu, hampir seluruh Sulsel tanahnya cocok,” jelasnya.

Hasil pisang cavendish bisa mulai dari buahnya hingga batang pohon.

Baca Juga: Dampingi Pj Gubernur Tinjau Pasar Murah, Pj Sekda Sulsel: Langkah Pengendalian Inflasi

“Ini semua bagiannya bisa-dimanfaatkan seperti pohon kelapa, cuma tujuh bulan sudah bisa menghasilkan dan dipanen. Insya Allah ini bisa menjadi komoditi andalan kita di Sulsel,” imbuhnya.

Sementara itu, Tenaga Expert Pisang dari PT Cipta Agri Pratama (PT CAP), Bambang Heru Suharsono, mengatakan, pohon pisang di sini sudah berusia tiga bulan, di tanam di Bulan Oktober. Mulai panen itu tujuh bulan sampai sembilan bulan.

“Ini low land (dataran rendah) sinar mataharinya cukup, jadi lebih cepat panen,” tandasnya. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button