NewsSulsel

Jaring Calon Peserta Seleksi Paskibra, Kesbangpol Bulukumba Gelar Praseleksi

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melakukan Praseleksi bagi para calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Tingkat Kabupaten Bulukumba untuk tahun 2024.

Praseleksi ini dilakukan agar mendapatkan penjaringan lebih dini sebelum para siswa tersebut mendaftar seleksi Paskibra secara resmi. Hal ini dimaksudkan agar dalam proses seleksi mereka tidak buang buang waktu dan tenaga.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, banyak siswa langsung mendaftar tanpa penjaringan, sehingga mereka banyak yang gugur dan dinilai percuma atau dia dia mendaftar. Untuk itu pihak Kesbangpol inisiatif melakukan Praseleksi untuk menjaring siswa siswa yang memiliki dasar untuk ikut seleksi ke depan.

Baca Juga: Kini Stadion Mini Bulukumba, Tempat Favorit Olahraga Lari Sore

“Kita ingin siswa kita ini tidak mendaftar percuma. Hasil dari Praseleksi ini yang kita rekomendasikan untuk mengikuti tes seleksi secara terpusat,” ungkap Kepala Kesbangpol Bulukumba Ahmad Arfan saat pemantau proses Praseleksi di Lapangan Pemuda, Rabu 21 Februari 2024.

Praseleksi tambah Ahmad Arfan akan berlangsung selama 2 hari sejak kemarin 20 Februari untuk seluruh siswa SMA SMK dan sederajat. Proses Praseleksi terbagi dalam beberapa zona untuk 10 kecamatan.

Dia mengatakan proses Praseleksi ini melibatkan unsur Kodim 1411 Bulukumba, Polres Bulukumba, Satpol PP. Dan pengurus Purna Paskibraka Bulukumba.

Baca Juga: Sambut Pemilu Damai, Pemkab Bulukumba Gelar Zikir dan Doa Kebangsaan

“Ada 30 sekolah yang ikut seleksi. Dan kita targetkan ada sekitar dua ratusan siswa yang mendapat rekomendasi ikut seleksi pada tanggal 29 Februari mendatang,” ungkap Ahmad Arfan.

Adapun indikator dalam Praseleksi Paskibra ini, lanjutnya adalah tinggi badan, postur badan ideal dan kemampuan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dasar.

“Siswa yang lulus Praseleksi ini akan mendapatkan rekomendasi dari sekolahnya masing-masing. Dan selanjutnya mereka akan membuat akun pendaftaran di website Paskibraka Badan Pembinaan Ideologi Pancasila,” terangnya.

Baca Juga: Dukcapil Bulukumba Tetap Buka Pelayanan KTP Sampai Hari Pencoblosan

Sebagai informasi, saat ini proses seleksi Paskibra seluruh kabupaten kota di Indonesia di ambil alih oleh pemerintah pusat melalui

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Para siswa yang mendaftar akan mengikuti serangkaian seleksi. Salah satunya tes kemampuan dasar melalui CAT.

Adapun Zona Praseleksi oleh Kantor Kesbangpol di 10 kecamatan sebagai berikut:

Zona 1

Gantarang

Kindang

Bulukumpa

Rilau Ale

Zona 2

Bontobahari

Bontotiro

Herlang

Kajang

Zona 3

Ujungbulu

Ujungloe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button