MetroNews

H-1 Lebaran Idul Adha 1445 H Harga Bahan Pokok Relatif Stabil

# Berdasarkan Pemantauan Danny Pomanto Bersama Pj Gubernur Prof Zudan di Dua Pasar Tradisional Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendampingi Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh meninjau langsung pasar tradisional, Minggu (16/6/2024). Hasil pengecekan, Danny Pomanto menyatakan H-1 Lebaran Idul Adha 1445 H harga bahan pokok di dua pasar tradisional relatif stabil.

Usai turun meninjau harga bahan pokok di Pasar Terong dan Pasar Pa’baeng-baeng, Pj Gubernur Prof Zudan mengatakan harga kebutuhan pokok di dua pasar tersebut relatif terkendali.

“Saya informasikan kepada masyarakat bahwa ketersediaan bahan pangan pokok beras, telur, daging, cabai, bawang merah, daging sapi, saya pantau di pasar ketersediaan cukup. Stoknya tersedia dan harganya relatif stabil,” ungkap Pj Gubernur Prof Zudan saat di wawancara usai meninjau di Pasar Pa’baeng-baeng.

Baca Juga: Indomaret Serahkan Bantuan Sapi Kurban ke Pemkot Makassar

Pj Gubernur Prof Zudan juga mengapresiasi Pemkot Makassar dalam hal ini Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto karena efektif menjaga stabilitas harga bahan pokok jelang Lebaran Idul Adha 1445 Hijriah.

“Terima kasih pak wali karena efektif turun ke pasar-pasar memantau harga pangan,” kata Pj Gubernur Prof Zudan kepada Danny Pomanto di Pasar Pa’baeng-baeng. Ia mengaku, H-1 Lebaran Idul Adha 1445 H, harga bahan pokok di pasar tradisional relatif stabil

Sementara, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan bahwa pemerintah kota intens melakukan pengawasan terhadap harga bahan pokok di pasar tradisional.

Baca Juga: Dinas Pendidikan Telusuri Penyebar Video Perundungan Siswa SMPN 4 Makassar Usai Viral di Medsos

“Pertama kita monitoring harga pagi dan sore secara real time. Kedua kita juga punya tiga mekanisme intervensi harga di pasar,” tutur Danny Pomanto.

Upaya-upaya intervensi pemerintah kota dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasar guna menekan laju inflasi dilakukan melalui tiga tahapan.

Yakni pertama setiap Selasa dan Kamis,dilakuan penjualan bahan pangan pokok secara langsung dari distributor/BULOG. Melalui program Mini Distribution Center (MDC) Tokomoditi dengan menggunakan mobil pengendali inflasi.

Baca Juga: Perayaan Idul Adha 1445 H, Pemkot Makassar Sembelih 62 Hewan Kurban

“Kedua kita juga melakukan intervensi melalui kontainer di kelurahan khusus komoditi yang naik dari hasil monitoring itu,” bebernya.

Intervensi yang ketiga yakni melakukan operasi pasar atau pasar murah di kawasan pemukiman. Gelaran pasar murah pada saat fluktuasi harga dan gangguan stok distribusi.

“Jadi kita lakukan intervensi tiga lapis untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok,” ucap Danny Pomanto.

Baca Juga: Kepemilikan Lahan Bersengketa, ARA: Investor PSEL Makassar Harus Siapkan Lokasi Alternatif

Dalam peninjauannya, Danny Pomanto turut di dampingi Kepala Dinas Perdagangan Arlin Ariesta, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Alamsyah Sahabuddin dan-Direksi PD Pasar Makassar Raya. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button