NewsPemilu 2024Politik

Identifikasi Temuan di Lapangan, Bawaslu ke KPU Bone: Tak Boleh Ada Masyarakat Kehilangan Hak Pilih

BONE, NEWSURBAN.ID – Merespons temuan pengawas di lapangan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bone minta ke KPU agar tidak ada masarakat yang kehilangan hak pilih.

Pasalnya, temuan tim Panwas Bawaslu Bone, telah di identifIkasi dalam tahapan Coklit Pemilih untuk pemilihan Tahun 2024.

Di mana temuan-temuan Bawaslu Bone ini, selanjutnya akan segera di koordinasikan secara berjenjang dengan KPU Kabupaten Bone.

Baca Juga: Maju di Pilkada Bone, Pj Bupati Andi Islamuddin Mundur dari Jabatan

Ketua Bawaslu Bone Alwi mengatakan bahwa sejak dimulainya tahapan coklit pemilih, jajaran kami dibawah. Baik panwaslu kecamatan maupun PKD telah mengidentifikasi beberapa temuan permasalahan. Temuan ini, dalam hal Pencocokan dan Penelitian data Pemilih yang-dilakukan oleh Pantarlih.

“Dari identifikasi ini, kami akan berkoordinasi dengan KPU Bone. Agar masalah-masalah yang muncul ini bisa segera mendapatkan solusi,” ungkapnya Kamis (18/7/2024).

Adapun Hasil Pengawasan yang-dilakukan oleh Bawaslu Bone, menyebutkan beberapa hal yang menjadi fokus perhatian KPU Bone. Untuk segera di tindaklanjuti.

“Di antaranya, persoalan jumlah DP4 yang terjadi selisih dengan DPT Pemilu 2024. Hingga temuan atribut Pantralih yang di gunakan oleh bukan Pantarlih yang bersangkutan,” kata Alwi.

Baca Juga: Aroma Politik Pilgub Sulsel di Dualisme Kepemimpinan Apdesi Bone Jadi Perbincangan Hangat

Lanjut Alwi mengatakan ada beberapa temuan ini di temukan oleh Bawaslu saat melaksanakan pengawasan Pencoklitan dan Pelaksanaan Uji Petik data Pemilih. Dan, selanjutnya dari beberapa temuan yang di temukan di lapangan. Dia akui telah ada yang imbauan, baik lisan maupun tulisan agar segera di lakukan perbaikan-perbaikan.

“Dari hasil pengawasan melekat dan uji petik yang dilakukan oleh sahabat-sahabat PKD dan Panwaslu Kecamatan. Beberapa permasalahan yang timbul sudah di tindaklanjuti dengan himbauan kepada PPK. Hingga Pantarli agar segera melakukan perbaikan-perbaikan. Guna memastikan agar semua yang berhak memilih. Berdasarkan regulasi di berikan haknya untuk di didaftarkan sebagai Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024,” jelasnya.

Terakhir, Ketua Bawaslu Bone menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran adhoc pengawas. Yang telah melaksanakan tugas dengan patuh dan tertib dalam upaya mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah yang lebih berkualitas.

“Terima Kasih kepada seluruh jajaran Pengawas Adhoc baik Panwascam maupun PKD. Yang terus melaksanakan tugas dengan tertib dalam mengawasi tahapan coklit ini. Semoga dengan ini semua tanggung jawab penyelenggara Pemilu guna mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah yang lebih berkualitas bisa terwujud,” tambahnya. (fan/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button