NewsPariwisataSulteng

Wabup Sigi Samuel Yansen Pongi Hadiri Rakor Pencangan Negeri Seribu Megalith Sulteng

# Pencanangan Direncanakan 28 Oktber 2023 di Desa Wuasa Napu Kabupaten Poso

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Wakil Bupati Sigi Dr. Samuel Yansen Pongi, menghadiri Rapat Kordinasi terkait rencana kegiatan “Pencanangan Negeri Seribu Megalith” Sulawesi Tengah. Kegiatan ini di pimpin langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, di Jakarta, Senin (12/6/2023).

Rakor Pencanangan Negeri Seribu Megalith” Sulawesi Tengah, rencananya akan di laksanakan di desa Wuasa Napu, Kabupaten Poso, pada tanggal 28 Oktober 2023.

Baca Juga: Wabup Sigi Yansen Pongi Harap Festival Lestari Kelima Berdampak Baik Pada Ekonomi Masyarakat

Wakil Bupati Sigi dalam sambutannya menyampaikan, mewakili Pemerintah Daerah Sigi, mendukung kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini, karena akan berdampak positif bagi daerahnya.

Ia menyebutkan, Sigi juga memiliki Megalith yang terdapat di beberapa titik. Yakni di Desa Watunonju, Kecamatan Biromaru, Kecamatan Dolo Selatan, Kecamatan Kulawi Selatan, dan di Kecamatan Pipikoro.

Baca Juga: Wabup Sigi Pimpin Rapat Sosialisasi Festival Lestari V dan Festival Danau Lindu, Ini Harapannya

“Karena itu, kami berharap kepala Dinas PUPR, membangun jalan lingkar Gimpu-Gintu yang mana itu berjarak kurang lebih 20 km,” ungkapnya.

Menurutnya, jalan lingkar itu akan mendukung kelancaran pencanangan ini. ” Kalau itu terjadi, maka para sejarawan dan komunitas lainnya dapat memanfaatkan juga Megalith yang ada di wilayah Kabupaten Sigi,” jelas Samuel Yansen Pongi.

Baca Juga: Bupati Irwan Buka Pelaksanaan Pendampingan Penyusunan LPPD Sigi 2023

Terkait dengan kegiatan Pencanangan Negeri Seribu Megalith, pihaknya terus berkordinasi dengan panitia provinsi.

“Kami akan intens berkoordinasi tentang apa saja yang akan kami persiapkan dalam mensukseskan kegiatan ini. Kami merasa beruntung dengan adanya kegiatan ini. Untuk itu kami siap mengikuti arahan selanjutnya,” tutur Wabup Sigi.

Baca Juga: Sekda Lepas Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sigi, Ini Harapannya

Selain Wabup Sigi, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Poso, Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Setda Provinsi Sulteng. Juga, Kepala BPKAD Sulteng, Ka Bapenda Sulteng, Kadispora Sulteng, Kadis Pariwisata Sulteng. Hadir pula Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng, Kadis Bina Marga sulteng, Kepala Biro Adm, Pimpinan, Kepala Biro Hukum dan Kepala Biro Pemerintahan. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button