EkonomiNewsNusantaraPariwisataSulawesiSulsel
Trending

Wings Air Buka Penerbangan Langsung Makassar-Lombok Mulai 8 Maret

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Maskapai Wings Air memastikan membuka penerbangan langsung Makassar-Lombok dan sebaliknya. Rencana penerbangan perdana di rute ini yakni, 8 Maret dari Lombok ke Makassar dan 9 Maret dari Makassar ke Lombok.

Dengan pembukaan penerbangan di rute tersebut, sebagai bentuk dukungan dan sinergi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan NTB menggairahkan pariwisata.

Apalagi, Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki sirkuit MotoGP (Pertamina Mandalika International Circuit Mandalika) yang menyita perhatian dunia. Di arena itu, Dinas Pariwisata Provinsi Sulsel bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan dapat menggaet wisatawan untuk berkunjung ke Sulsel.

Ketua BPPD Sulsel, Andry S. Arief Bulu, menyampaikan bahwa hadirnya penerbangan langsung , adalah indaklanjut atas kerjasama antara BPPD Sulsel dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Sirkut Mandalika, pada 11 Januari lalu.

Kala itu, kata Andry, hadir langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, dan Plt. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Menurutnya, di tengah pandemi ini, kolaborasi ini merupakan bukti nyata untuk memulihkan sektor parekraf. Bangkitanya, parekraf kata dia, di harapkan juga akan berdampak pada peningkatan perekonomian.

“Di perhelatan motoGP ini, kami menargetkan bagaimana untuk mempromosikan Sulawesi Selatan di luar. Tentu ini, akan berdampak pada pariwisata di Sulawesi Selatan,” katanya.

Andry juga mengatakan, penerbangan langsung Makassar-Lombok yang buka kembali, sempat terhenti beberapa tahun lalu. Berkat kerja sama ini, penerbangan langsung di rute ini kembali di buka.

“Penerbangan langsung ini mempersingkat jarak tempuh dan waktu, serta biayanya lebih murah. Penerbangan langsung Makassar – Lombok hanya sekitar 1 jam 45 menit. Ini labih efisien dari pada harus transit ke Denpasar atau Surabaya, yang harus memakan waktu sampai 7 jam,” tuturnya.

Efisienkan Waktu dan Biaya

Selain itu, untuk menggairahkan rute ini, BPPD Sulsel telah membuka Layanan penjualan tiket nonton MotoGP musim 2022. Penjualan tiket ini, ada beberapa pilihan yang dapat di akses melalui https://bit.ly/formregistrasiticket-bppdsulsel.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Devo Khadafi menyambut baik pembukaan rute ini. “Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, atas nama bapak Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, secara resmi saya melaunching direct flight Makassar – Lombok – Makassar,” ucapnya.

Devo juga mengapresiasi upaya BPPD Sulsel bersama Wing Air (Lion Air Grup) dalam hadirnya penerbangan langsung Makasar – Lombok – Makassar ini.

“Pembukaan penerbangan langsung ini, menunjukkan eksistensi pentingnya badan promosi bagi dunia kepariwisataan di Sulsel. Ini luar biasa untuk merecoveri ekonomi,” puji Devo.

Mewakili Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, ia juga menyampaikan kepada seluruh stakeholder terkait untuk terus berkolaborasi menggerakkan pariwisata di Sulsel.

“Sektor pariwisata akan jadi lokomotif kebangkitan ekonomi Sulsel. Hal ini, yang selalu di tekankan oleh bapak Plt. Gubernur Sulsel. Pariwisata adalah kebanggaan Sulsel, jadi lokomotif kebangkitan ekonomi,” pungkasnya.

Pada kesematan itu, Deputi Direktur Bank Indonesia Sulsel, Hasiando Ginsar Manik merespons baik hadirnya layanan penerbangan langsung Makassar – Lombok. Kata dia, ini merupakan kerja nyata mewujudkan Sulsel sebagai pusat keberagaman destinasi dan kearifan lokal di Indonesia Timur yang di kenal dengan sebutan “South Sulawesi Colorful Experience“.

“Kami memandang tagline tersebut sangat sesuai dengan profil Sulawesi Selatan yang penuh berbagai destinasi wisata yang rupawan,” ucapnya.

Sementara itu, Corporate Communication Strategic Lion Group, Danang Mandala Prihantoro menyampaikan, hadirnya penerbangan langsung ini, untuk mendukung proses percepatan pemulihan perekonomian, khususnya di sektor pariwisata.

Hadir pada peluncuran penerbangan langsung Makassar – Lombok ini, selain Kepala Dinas Perhubungan Sulsel ada Direktur Politeknik Pariwisata Negeri Makassar. Selain itu, dari kalangan asosiasi perjalanan yakni, Ketua GIPI Sulsel, Ketua ASITA Sulsel, Ketua PHRI Sulsel, Ketua ASTINDO Sulsel, Ketua ITLA Sulsel, Ketua IHGMA Sulsel, Ketua AMPHURI Sulsel, Ketua BPPD Kota Makassar, Ketua BPPD Kabupaten Maros. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button