NewsSulsel

Tutup PKW Dekranasda, Sofha Marwah Bahtiar Gunakan Baju Berbahan Kain Ecoprint Karya Sendiri

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulawesi Selatan (Sulsel), Sofha Marwah Bahtiar, secara resmi menutup pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) yang dilaksanakan sejak 16 Oktober 2023 lalu. Seremoni penutupan dilaksanakan di Aula Tudang Sipulung, Rumah Jabatan Gubernur, Rabu, 6 Desember 2023.

Selama kurang lebih 33 hari, para peserta telah-diberikan ilmu kewirausahaan dan keterampilan. Yaitu bagaimana cara membuat ecoprint dan menganyam eceng gondok serta daun lontar. Sehingga bisa menjadi beberapa produk.

Saat pelaksanaan pelatihan, Sofha Marwah sempat turut serta, dan membuat kain ecoprint bersama para peserta. Ia kemudian menggunakan baju dari kain yang-dibuatnya tersebut, saat acara penutupan PKW.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Serahkan Berkas Hasil Seleksi Calon Anggota KI Kepada DPRD Sulsel

“Alhamdulillah para peserta sudah mampu membuat kain ecoprint dan menjahitnya menjadi baju yang sederhana dalam beberapa jam. Selain itu para peserta sudah mampu membuat beberapa produk dari daun lontar dan eceng gondok, seperti tas, tempat tissu, tempat tumbler dan keranjang,” kata Sofha Marwah.

Sofha Marwah yakin, bekal ilmu yang telah-diperoleh ini akan sangat bermanfaat bagi para peserta untuk membentuk wirausaha baru. Ilmunya kuasai, kemudian fasilitas alat dan bahan juga sudah-diberikan. Sehingga tinggal bagaimana memanfaatkan dan merintis usahanya dengan baik.

Di ketahui, program ini merupakan kerjasama antara Kemendikbudristek dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Untuk mendorong lahirnya para wirausahawan professional.

Baca Juga: Apel Siaga Bawaslu Se-Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Ajak Semua Stakeholder Wujudkan Pemilu Damai

“Semoga setelah pelatihan ini, aktivitas peserta tetap-dipantau untuk melihat perkembangan dan aktivitas mereka serta membantu memasarkan produk yang-dihasilkan. Selain itu, jika ada pelatihan yang bisa meningkatkan mutu, inovasi dan kualitas produk kerajinan, anak-anak kita ini tolong-diikutkan,” pesannya.

Kepada peserta, Sofha Marwah berharap agar jangan cepat puas dengan apa yang telah-diperoleh. Tapi teruslah belajar mencari inovasi baru agar produk kalian-disukai dan tidak ketinggalan zaman. Sekarang teknologi sudah maju sehingga apapun dapat kita cari, dan melihat tutorial cara pembuatannya.

“Saya yakin kalian anak-anak milenial lebih cepat dalam menyerap ilmu dengan memanfaatkan teknologi,” ujarnya.

Di acara penutupan PKW ini, hasil karya para peserta pelatihan turut di pamerkan. Seperti baju berbahan kain ecoprint serta berbagai jenis anyaman dari lontar dan eceng gondok. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button