NasionalNewsNusantara
Trending

Gunung Semeru Kembali Muntahkan Awan Panas, Khofiah Minta Evakuasi Warga

Gunung Semeru erupsi lagi. Gunung berapi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dilaporkan memuntahkan awan panas guguran, Sabtu (4/12) sore.

JAWA TIMUR, NEWSURBAN.ID — Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur (Jatim), Budi Santosa mengatakan aktivitas gunung semeru mengalami peningkatan dan mengeluarkan awan panas pada Sabtu sore.

“Aktivitas Gunung berapi Semeru meningkat, dan menyemburkan awan panas guguran,” kata Budi Santosa melalui keterangan tertulisnya.

Menurut Budi, hujan abu juga terjadi di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. Karena itu, ia meminta warga untuk menyelamatkan diri.

Selain itu, Budi juga memperingatkan agar warga yang berada di sekitar sungai untuk mengevakuasi diri ke wilayah yang aman.

Sebab, guguran material letusan Semeru dan awan panas menuju Curah Kobokan, Lumajang.

“Kita imbau (warga) menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru,” ucapnya.

Meski begitu belum ada informasi mengenai korban dan dampak kerusakan akibat erupsi Gunung Semeru ini. “Korban nihil, dampak dalam pendataan,” ucapnya.

Saat ini, kata dia, Agen Bencana Jatim dan BPBD Kabupaten Lumajang menuju lokasi untuk assesment dan melakukan evakuasi warga di sekitar gunung itu.

Gubernur Khofifah Dorong Evakuasi

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat yang berada di sekitar gunung berapi di Lumajang, Jatim itu, untuk menyelamatkan diri. Ia juga berdoa agar semua warga selamat.

Hal itu ia katakan usai mendapatkan laporan dari Bupati, BPBD dan masyarakat di Lumajang.

“Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas gunung berapi Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat,” kata Khofifah, Sabtu (4/12).

Khofifah pun mengatakan pihaknya telah bergerak ke lokasi, untuk melakukan penanganan kepada masyarakat sekitar. Begitu juga Bupati Lumajaang Thoriqul Haq.

“Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi,” ucapnya.

Malam nanti, Mantan Menteri Sosial RI ini juga akan bertolak menuju lokasi terdampak letusan. Ia memohon doa agar seluruh warga mendapatkan keselamatan.

“InsyaAllah malam ini saya ke lokasi. Mohon ikhtiar dan do’a mugi selamet sedoyo (semoga selamat semuanya),” pungkas dia. (bs/rls/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com