NewsNusantaraSulsel

Wapres Buka Rakernas Apkasi 2023, Adnan: Rakernas Berjalan Sesuai Harapan

TANGERANG, NEWSURBAN.ID — Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (Apkasi) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV dan Otonomi Expo 2023 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin yang ditandai dengan penabuhan gong.

Rakernas dengan tema “Kesiapan Daerah dalam Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024” ini disambut baik oleh Sekretaris Jenderal Apkasi yang juga Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang hadir mendampingi Ketua Apkasi yang juga Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada pembukaan yang berlangsung di Nusantara Hall, ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (20/7).

“Pelaksanaan Rakernas berjalan dengan baik dan alhamdulillah dibuka langsung oleh Bapak Wapres, materi pada Rakernas inipun dibawakan langsung oleh para menteri yaitu Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sehingga pelaksanaannya sudah sesuai dengan harapan kita,” ungkap Adnan.

Baca Jug: APKASI Dorong Revisi Undang-Undang Otonomi Daerah

Sementara itu, Ketua Umum Apkasi sekaligus Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengungkapkan, salah satu fokus pembahasan Rakernas Apkasi XV ini. Adalah upaya pemerintah daerah untuk mencari sumber pendapatan.  Selain penambahan dana dari pusat melalui DAU dan DAK, salah satunya adalah melalui perdagangan dan investasi.

“Sebagai bentuk peran dan fungsi Apkasi dalam memfasilitasi peningkatan kapasitas anggotanya. Termasuk memfasilitasi kebangkitan perekonomian anggotanya. Apkasi telah melaksanakan sejumlah forum bisnis yang mempertemukan pemerintah daerah dengan para buyer dan investor potensial,” ungkap Sutan Riska.

Di sela-sela pembukaan Rakernas, Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin menegaskan kepada para bupati se-Indonesia guna mewujudkan otonomi daerah yang bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu dia mengharapkan Pemerintah Kabupaten dapat terus meningkatkan gagasan dan langkah inovatif. Baik pada tataran kebijakan maupun penggunaan anggaran yang tepat guna. Sehingga pertumbuhan ekonomi daerah yang inklusif dan berkelanjutan dapat terwujud.

Baca Juga: Bahas Nasib Tenaga Honorer, APKASI Fasilitasi Pertemuan Kepala Daerah

“Pastikan implementasi program dan anggaran yang efektif dan akuntabel hingga di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa. Sebagai ujung tombak perangkat pemerintah yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” tegas Wapres.

Wapres meminta pemerintah kabupaten untuk fokus kepada komoditas-komoditas unggulan dari hulu ke hilir secara terpadu. Serta memperkuat peluang di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

“Kontribusi kabupaten dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah akan turut menentukan keberhasilan kita. Dalam mewujudkan visi menjadi Pusat Halal Dunia pada tahun 2024,” tegas Ma’ruf Amin.

Baca Juga: UMKM Gowa Manfaatkan APKASI Otonomi Expo 2022 untuk Promosi Produk

Pembukaan Rakernas XV Apkasi dan Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 turut-dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Hadir pula Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Serta, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar.

Sementara dari Pemerintah Kabupaten Gowa turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa sekaligus Plt KadisPerindag Kabupaten Gowa, Kamsina. Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan bersama sejumlah Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa, Camat dan Kepala Desa Se-Kabupaten Gowa. (dw/up)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button