EkonomiKalimantanNews
Trending

Dukung Program Bupati Laura, PDAM Nunukan Siapkan 2.000 Sambungan Air Bersih Awal 2022

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID — Mendukung program Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, Perumda Air Bersih Tirta Taka (PDAM Nunukan) menyiapkan pemasangan 2.000 sambungan air bersih. Sambungan itu, masuk kategori rumah tangga di Kecamatan Nunukan Selatan. Pemasangan telah berlangsung di tiga titik yaitu di wilayah Mamolo, Mansapa, dan Sungai Lancang.

Direktur Perumda Air Bersih Tirta Taka Nunukan, Masdi mengatakan sebelum hadirnya PDAM Nunukan, masyarakat di tiga kecamatan ini mendapatkan air bersih melalui menadah air hujan. Sumber lainnya adalah sumur bor dan sebagian membeli air tangki dengan harga cukup tinggi.

“Soal sumber air, kami dapat informasi dari masyarakat. Nah, hadirnya PDAM Nunukan tentu bisa membantu dan menjawab persoalan-persoalan mereka terkait dengan air bersih,” kata Masdi, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Serahkan Beasiswa Nunukan Cerdas, Laura: Jangan Gunakan Nongkrong di Kafe

Nah, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan air bersih PDAM Nunukan agar lebih dahulu melakukan pendaftaran. Setelah itu, PDAM akan menindaklanjuti pemasangan di hari itu juga.

Sementara persyaratan lain, hanya dengan foto copy KTP, Kartu Keluarga (KK), dan tempat SR (sambungan Rumah) tersebut layak.

Sebagai pembanding, pemasangan normal PDAM ini biasanya mencapai Rp. 2.260.000. Namun, karena mendapatkan subsidi dari pemerintah, maka masyarakat hanya membayar sekitar Rp. 487.000.

“Kami juga tidak menerima uang, tapi langsung ke bank. Jadi mereka lasung bayar di tempat. Semua bank bisa. Tetapi kali ini kami turunkan Bank BSI (Bank Syariah Indonesia),” jelasnya.

Baca Juga: Dapat Kucuran APBN Rp1,26 T, Bupati Laura Harap Bisa Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Nunukan

Masdi berharap agar program pemerintah ini bisa berjalan dengan baik. Sehingga masyarakat dapat menerima air bersih yang layak dan harga terjangkau.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan ke masyarakat di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Nunukan. Sehingga masyarakat dapat merasakan layanan air bersih secara merata.

Hadirnya program ini pun mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Nurpuadi, warga Kampung Nelayan yang mengaku terbantu atas pelayanan air bersih dari pemerintah.

Baca Juga: Tiga Gadis Asal Sulsel Jadi Kurir Sabu Diamankan di Nunukan

Nupuadi bersama 479 penduduk lainnya di Kampung Nelayan belum pernah merasakan air bersih dan hanya mengharapkan air hujan. Namun, di awal tahun 2022 ini, masyarakat di kampung tersebut sudah mendapatkan akses air bersih dari PDAM.

“Haridnya PDAM di sini, tidak adalagi masalah dengan air bersih,” pungkasnya. (bs-ad/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com