NewsSulsel
Trending

BPK RI Mulai Lakukan Pemeriksaan Interim LKPD TA 2021, Plt Gubernur Sulsel Minta OPD Proaktif Kebutuhan Data

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menginstruksikan kepada seluruh OPD Lingkup Pemprov Sulsel. Untuk proaktif dalam memberikan kebutuhan data bagi tim pemeriksa BPK RI.

Hal itu ia sampaikan pada rapat terkait Persiapan Pemeriksaan Interim LKPD Tahun Anggaran 2021 oleh BPK RI, Senin 24 Januari 2022. Yang di hadiri oleh Sekda Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani serta tim Pemeriksa BPK dan jajaran lingkup Pemprov Sulsel.

BPK RI Perwakilan Sulsel akan melakukan pemeriksaan mulai hari ini yang meliputi pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja (terkait penanggulangan kemiskinan). Dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu (DTT) bantuan partai politik.

Baca Juga: DPRD Sulsel Umumkan Pengangkatan Andi Sudirman Sulaiman Menjadi Gubernur Defenitif

“Kami menginstruksikan, kepada seluruh OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Agar proaktif dalam memberikan data dan informasi yang di butuhkan oleh Tim Pemeriksa. Kita harap saling side by side (berdampingan) dalam memberikan informasi yang akurat kepada tim pemeriksa BPK,” kata Andi Sudirman

Lanjutnya, “kita juga mengharapkan masukan dan bimbingan dari Tim Pemeriksa BPK untuk perbaikan atas LKPD Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2021. Agar dapat kembali meraih Opini WTP,” tuturnya.

Baca Juga: Plt Gubernur Perintahkan Dinsos-BPBD Sulsel Salurkan Bantuan Korban Banjir Makassar di Katimbang dan Manggala

Ia pun menyambut baik dengan pemeriksaan kinerja dalam melihat upaya penanggulangan kemiskinan. Angka kemiskinan per September 2021, di Sulsel tercatat 8,53% atau menurun 0,25% dari Maret 2021.

Pemprov Sulsel, kata dia, terus berupaya melakukan perbaikan yang lebih baik. Salah satunya, LKPP RI memberikan predikat baik kepada Pemprov Sulsel atas indeks tata kelola pengadaan barang/jasa tahun 2021 dengan nilai 71,55.

Baca Juga: Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Plt Gubernur Sulsel Imbau Warga Kurangi Mobilitas

Menurutnya, hal itu akan membangun kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah. “Semoga dengan perbaikan-perbaikan yang di lakukan bisa membangun terobosan-terobosan yang lebih baik ke depan. Khususnya dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Penanggungjawab Tim Pemeriksa BPK RI, Amri Lewa menyampaikan. “dalam melaksanakan pemeriksaan ini di lakukan dengan standar pemeriksaan keuangan negara yang di tetapkan dalam Peraturan BPK Nomor 01 tahun 2017,” ungkapnya. (hm/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button