EkonomiNasionalNewsSulsel
Trending

Di Kunjungan Kerja Wapres, Pelaku UMKM Akui Pemprov Sulsel Berperan Besar dalam Pengembangan Usaha

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Kunjungan kerja Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin di Provinsi Sulawesi Selatan membawa manfaat bagi UMKM dari Sulsel. Beberapa produk pelaku UMKM kebanggaan Sulsel di tinjau langsung oleh Wapres yang-didampingi Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di Kantor Gubernur, Senin (31/1/2022).

Dalam pameran UMKM itu, terpajang beragam produk. Mulai dari aksesoris, pakaian hingga produk makanan dan minuman.

UMKM Chalodo dari Luwu Utara dengan produk permen coklat. Owner Chalodo, Baharuddin Iskandar menyampaikan, antusiasnya mengikuti pameran UMKM yang dihadiri oleh Wapres.

Baca Juga: Tiba di Sulsel, Wapres-Disambut Andi Sudirman

“Produk kami ini mulai tanam, petik, olah dan jual oleh petani dari Luwu Utara. Selain coklat, kami juga menampilkan kopi dari Seko. Alhamdulillah, kita mendapat support dan dukungan dari Pemerintah Provinsi, dan kita sudah melakukan penjualan, misalnya di Surabaya bahkan di Arab Saudi. Kita harap adanya support dari Pemerintah Pusat untuk pengembangan UMKM,” ungkapnya saat di lokasi pameran, Senin (31/1).

Selain itu, ada juga UMKM dari Wajo. Ialah Koperasi Sutera Sengka. Ia menampilkan beragam hasil produk seperti sarung selendang, kemeja, bahan baji, sarung, dan hijab. UMKM ini dibawah binaan Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel dan Dinas Perindustrian Sulsel.

Ada juga UMKM bernama CV. Coconut Internasional Indonesia dari Makassar. Mereka menampilkan produk-produk andalannya, seperti Teh Nipah yang merupakan minuman kesehatan yang tren di Korea. Selain itu, gula lontar atau palm jaggery, kayu sanrego, dan briket arang tempurung kelapa.

“Produk Briket arang tempurung kelapa ini kami sudah ekspor hampir semua negara di Timur Tengan serta eropa. Seperti Jerman, Inggris, Turki, dan Rusia. Untuk produk gula lontar, kami sementara melengkapi izin untuk ekspor ke Korea,” jelas Dirut CV. Coconut Internasional Indonesia, Asriani.

Baca Juga: UKM Asal Luwu Ekspor Komoditas Pertanian ke Rusia Langsung dari Makassar

Menurutnya, capaian itu tak terlepas dari dukungan Pemprov Sulsel. “terutama bagaimana Pemprov mendorong kita untuk naik kelas, seperti memfasilitasi untuk pameran di Turki. Pemprov mendorong kita untuk Go Internasional,” aku Asriani.

Pada pameran itu, UMKM dari Bulukumba bernama kerajinan Atap Konjo turut ikut andil. Adapun produk yang tampil berupa produk peralatan rumah tangga, tas yang berbahan daun lontar.

Serta UMKM pengrajin perak borong dari Makassar turut ikut menampilkan produk aneka kerajinan berbahan perak.

Baca Juga: Selama 10 Bulan, Ekspor Sulsel Tembus Rp 16,19 Triliun

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Abd. Malik Faisal menyampaikan, “bapak Plt Gubernur selalu berupaya dalam peningkatan dan pengembangan UMKM. Di antaranya peningkatan kualitas produk melalui konsultasi kemasan produk bagi UMKM, fasilitasi sertifikasi produk. Kemudian, pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan SDM bagi UMKM,” jelasnya.

Untuk di ketahui, kehadiran Wapres di Sulsel untuk memberikan pengarahannya pada Rapat Sosialisasi Mall Pelayanan Publik dan Pemberdayaan Pelaku UMKM dan serangkaian kegiatan lainnya. (hm/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com