EkonomiInternasionalNewsSulsel
Trending

UKM Asal Luwu Ekspor Komoditas Pertanian ke Rusia Langsung dari Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.IDUKM asal Luwu berhasil menembus pasar cengkih dan pala di Rusia. Pelepasan perdana ekspor komoditas pertanian UKM binaan Dinas Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan. itu di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Laut Soekarno-Hatta, Makassar, 10 Januari 2022.

Pengekspor, CV Surya Mandiri Sejahtera untuk pengiriman perdana mengirim 15 ton. Nilainya USD123.386,36 atau setara dengan Rp1,7 miliar.

Bagi perusahaan ini, ekspor tersebut adalah yang pertama di bawah perusahaan miliknya. Apalagi eksportir ini merupakan kelompok UKM di bawah binaan Dinas Perdagangan Sulsel.

Baca Juga: Luncurkan e-Sejutaikan Inovasi Dinas KP, Plt Gubernur Sulsel: Akan Memudahkan Eksportir

“Eksportir dari CV Surya Mandiri Sejahtera merupakan pemuda asal Kabupaten Luwu yang juga UKM binaan Dinas Perdagangan. Mereka sebelumnya telah melakukan ekspor. Namun, masih melalui perusahaan milik orang lain yang berada di Surabaya. Dan Alhamdulillah sudah memiliki perusahaan sendiri dan bisa langsung mengekspor ke Rusia,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari F. Radjamilo, Rabu (12/1/2022).

Menurutnya, hal ini tak terlepas dari dukungan dari Plt. Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman yang senantiasa memberikan arahannya dalam menggenjot ekspor.

Apalagi, nilai ekspor menjadi salah satu indikator capaian kabupaten/Kota. Untuk mendapatkan bantuan keuangan daerah dari Pemerintah Provinsi Sulsel.

Baca Juga: Ekspor Sulsel Naik 21%, Neraca Perdagangan 2021 Surplus USD622,89 Juta

Terlebih, Sulsel pun memiliki beragam hasil komoditas, khususnya pertanian. “Ekspor pala dan cengkih ini, merupakan hasil dari petani Luwu. Alhamdulillah, Sulawesi Selatan diberkahi dengan barang apapun semua ada di sini, mau cengkeh, pala, coklat, kopi dan lain-lain bisa kita ekspor semuanya. Insya Allah Sulawesi Selatan akan banyak produk-produk andalan kita yang bisa di ekspor,” pungkasnya.

Ia berharap, ini bisa menjadi contoh bagi UKM lainnya untuk turut serta dalam melakukan ekspor.

“Saya mengimbau kepada seluruh UKM di Sulawesi Selatan bahwa UKM bisa tonji’ untuk melakukan ekspor. Terutama ekspor komoditas pertanian ke luar negeri. Pengirimannya langsung melalui Makassar,” katanya.

Baca Juga: Sulsel Sumbang 47,95% Ekspor Rumput Laut RI

“Sekarang sudah era baru. Kita memiliki Makassar New Port, kita memiliki infrastruktur andalan, kita memiliki bandara. Saya berharap untuk seluruh teman-teman UKM untuk ikut meningkatkan ekspor di Provinsi Sulawesi Selatan,” tambahnya. (hms/cr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button