NewsNusantaraSulawesiSulsel
Trending

RKPD Kabupaten Gowa 2023, Adnan Harap Penyusunan Melihat Tantangan dan Pedoman Visi Misi Pemerintah

GOWA, NEWSURBAN.ID — Menyusun program tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan Forum Konsultasi Publik sebagai langkah awal. Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD Kabupaten Gowa 2023 di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Rabu (2/3).

Kepala Bappeda Kabupaten Gowa sekaligus panitia pelaksana, Taufik Mursad mengatakan, pelaksanaan forum konsultasi publik ini, merupakan rangkaian proses Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Mulai dari Musrenbang desa, Musrenbang kelurahan, hingga Musrenbang kecamatan yang telah terlaksana beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Bupati Adnan Minta Jajaran ASN Gowa Maknai Momentum Peringatan Isra Mikraj

“Rancangan awal RKPD Kabupaten Gowa 2023 ini, nantinya kita bahas bersama dengan para pemangku kepentingan. Untuk memperoleh masukan penyempurnaan rancangan awal RKPD dan melakukan sinkronisiasi seluruh data, informasi, dan rencana pembangunan daerah,” ungkapnya.

Taufik mengaku, hasil dari forum ini adalah rumusan dalam berita acara kesepakatan. Yang-ditandatangani oleh setiap unsur pemangku kepentingan sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Gowa tahun 2023.

“Kegiatan ini di ikuti 176 peserta dari seluruh pemangku kepentingan yang ada dan akan terlibat dalam penyusunan RKPD 2023,” jelasnya.

Sementara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menegaskan saat ini kemampuan daerah mengalami penurunan akibat pandemi Covid-19. Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut dirinya meminta agar mengelompokkan program dengan skala prioritas dan tertuang dalam visi, misi dan RPJMD tahun 2021-2026.

“Covid-19 memberi dampak yang sangat besar terhadap pembangunan. Karena itu, harus kita sesuaikan dengan peluang yang ada. Jadi, untuk mengupayakan pencapaian visi misi Pemkab Gowa, penyusunan RKPD Kabupaten Gowa 2023 harus menjawab tantangan pemerintah secara cepat, tepat dan prosedural. Tentu dengan melihat mana skala prioritas. Kita harus bisa mengklasifikasikan mana prioritas maka itu yang akan didahulukan,” tegas Adnan.

Baca Juga: Bupati Adnan: Damkar Harus Tingkatkan Kompetensi dan Pahami Transformasi Peran

Selain itu, orang nomor satu di Gowa ini menyebut akan menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap prioritas sasaran dan program pembangunan daerah.  Sehingga nantinya dapat-diperoleh komitmen dari para pemangku kepentingan pembangunan.

Adapun rancangan tema pembangunan tahun 2023 kata Adnan, yakni “Pemulihan Ekonomi dan Sosial Berkelanjutan Didukung Lenguatan SDM, Pemantapan Infrastruktur dan Daya Saing daerah”.

Menurutnya, tema tersebut untuk mempertegas kembali komitmen Pemkab Gowa dalam melakukan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Situasi pendemi seperti saat ini memberikan kita kesempatan untuk melihat apa yang perlu kita perbaiki. Juga, apa yang harus kita pulihkan, dan bisa melihat potensi daerah yang kita miliki yang belum terkelola dengan maksimal, dan belum kita bangun dan manfaatkan secara baik,” tambah Adnan.

Baca Juga: Setahun Pimpin Gowa Periode Kedua, Adnan-Kio Peringati dengan Dzikir dan Doa Bersama

Karena itu, Adnan berharap, dalam penyusunan ini, membutuhkan sinergi dan kerjasama yang kuat dari seluruh komponen. Termasuk pemerintah, lintas sektoral dan masyarakat agar bisa berjalan dalam satu sisi, satu kebijakan yang solid dalam sebuah kekompakan.

“Penyusunan RKPD ini saya harapkan SKPD, aparatur, stakeholder bisa berpikiran secara terbuka. Dan menghasilkan rancangan yang terintegratif dan inovatif. Serta, penyelenggaraan pembangunan lebih terarah dan menjawab isu strategis yang berkembang saat ini,” harapnya.

Hadir pada forum itu, Wakil Bupati Gowa, Abd. Rauf Malaganni, Pj Sekda Gowa, Kamsina, Ketua DPRD Gowa, Rafiuddin, Kepala BPKD Kabupaten Gowa, Abd. Karim Dania dan kepala desa/lurah se-Kabupaten Gowa dan pemangku kepentingan lainnya mengikuti secara virtual. (nh/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button