NewsSulsel

TMMD 117 Bulukumba Buka Akses Jalan Lemo-Lemo Tembus Bara

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID Jajaran Kodim 1411 Bulukumba melaksanakan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang ke 117 tahun 2023 di Kelurahan Tanah Lemo Kecamatan Bontobahari. TMMD kali ini melakukan perintisan jalan atau membuka akses jalan dari pantai Lemo- Lemo tembus pantai Bara.

Pembukaan tanda dimulainya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 digelar di Lapangan Tokambang, Kelurahan Tanah Lemo, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Rabu, 12 Juli 2023.

TMMD ke-117 akan berlangsung kurang lebih satu bulan mulai 12 Juli hingga 10 Agustus 2023 mendatang. Perintisan jalan sepanjang 2,5 kilometer tersebut merupakan upaya mendukung program pemerintah daerah untuk akses jalan lingkar menuju kawasan wisata Tanjung Bira.

Lokasi perintisan jalan merupakan bagian dari lahan blok pemanfaatan Taman Hutan Raya (Tahura) yang sudah mendapatkan persetujuan pengelolaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan seluas 294 hektar.

Baca Juga : Camat Ujung Tanah Respons Positif CSR ITM Pertamina

Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf yang bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam pembukaan TMMD menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 1411 Bulukumba atas kerja kerasnya hingga TMMD dapat terselenggara.

Menurut Andi Edy, TMMD ke-117 di Kabupaten Bulukumba akan tercatat sebagai momentum bersejarah karena nantinya jalan yang dirintis akan menjadi penunjang dalam pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Bulukumba.

“Perintisan jalan ini merupakan kegiatan yang bersejarah dan fundamental, oleh karena jalur ini akan membuka akses jalan bagi masyarakat dan pengunjung sehingga dapat mempersingkat jarak tempuh dan mengurai kemacetan di pintu masuk kawasan wisata Tanjung Bira,” kata Andi Edy Manaf.

Andi Edy juga mengajak kepada seluruh stakeholder maupun masyarakat di lokasi kegiatan untuk berpartisipasi dan membantu pelaksanaan kegiatan TMMD sehingga dapat berjalan dengan baik dan selesai sesuai dan target yang ingin dicapai.

“Sekali lagi saya menyampaikan rasa bangga dan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Keluarga Besar Kodim 1411 Bulukumba dan para mitra, atas terlaksananya TMMD ke 117 di Kabupaten Bulukumba ini,” imbuhnya.

Baca Juga : Bupati Andi Utta Beri Kuliah Umum pada Mahasiswa Benchmarking Pemerintahan Unismuh Makassar

Diketahui, TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan implementasi pengabdian dari TNI dalam rangka pelaksanaan Karya Bakti TNI, sebagaimana semboyan TNI, Dari Rakyat Untuk Rakyat dan Kembali ke Rakyat.

Berbagai program TNI Manunggal Membangun Desa sangat bermanfaat bagi pemerintah, oleh karena telah membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur secara swadaya bersama masyarakat.

Selama ini kegiatan fisik yang dilaksanakan oleh TMMD, lebih spesifik karena membutuhkan sumber daya yang lebih besar dari personil TNI, seperti perintisan jalan dan dapat dirasakan dan dilihat bahwa program fisik yang dilakukan oleh Satgas TMMD kualitasnya lebih baik, lebih efisien dan efektif.

Beberapa tahun sebelumnya, Kodim 1411 Bulukumba juga melakukan TMMD dengan membangun pagar batas di kawasan Titik Nol.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button