EkonomiNewsNusantaraSulawesiSulteng
Trending

BNE Akan Bangun PLTA Sungai Bongka, Bupati Touna Minta Dukungan Gubernur Rusdy

PALU, NEWSURBAN.ID — PT Bongka Nova Energi (BNE) akan membangun PLTA Sungai Bongka, Kabupaten Tojo Una-una (Touna) Provinsi Sulawesi Tengah. Rencana itu, terungkap saat Bupati Touna Mohammad Lahay bersama pihak PT. BNE menemui Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura Senin, 7 Maret 2022.

Bupati Touna dan BNE menemui Gubernur Rusdy untuk meminta restu atas investasi pembangkit listrik itu.

Lahay pada pertemuan itu, menyampaikan bahwa PT. Bongka Nova Energi akan segera membangun PLTA Sungai Bongka, Kabupaten Tojo Una Una. Untuk itu, Bupati dan BNE meminta restu sekaligus dukungan Gubernur untuk memberikan rekomendasi percepatan realisasi pembangunannya.

Merespons permintaan Bupati dan BNE, Gubernur Rusdy Mastura menegaskan, sepanjang sudah mendapat persetujuan Bupati Touna, ia akan memberikan dukungan penuh.

“Saya pasti menyetujui kalau Bupati sudah setuju. Karena itu, saya minta segera melengkapi segala persyaratan yang di butuhkan,” kata Gubernur di dampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Rudy Dewanto, Tim Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Investasi  Ronny Tanusaputra, dan Tim Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan, Antar Lembaga dan HAM M. Ridha Saleh.

Minta Bupati dan Wali Kota Dukung Investasi

Gubernur juga menyampaikan kepada Bupati dan Wali Kota di daerah bawahannya agar mendukung seluruh investasi.

“Saya mint Bupati dan Wali Kota mendorong dan memberikan dukungan kepada investor untuk dapat segera mengelola potensi yang ada di daerah masing-masing,” ujar Rusdy Mastura.

Ia juga menyampaikan, Sulawesi Tengah patut bersyukur saat ini, karena beberapa daerah sudah memiliki invesastasi besar. Seperti Morowali, Morut dan Banggai memiliki tambang nikel dan gas.

Kemudian, Kabupaten Balut akan segera di bangun menjadi Kawasan Industri Halal. Lalu, Kabuaten Donggala akan segera di bangun Food Estate Untuk Mendukung IKN.

“Sementara, di Kabupaten Sigi, Poso, Parigi Moutongb kita persiapkan menjadi daerah pertanian. Hal ini, sebagai penyangga IKN. Dan, investasi harus memberikan dampak terhadap fiskal daerah melalui Perusda,” tuturnya.

Terkait pembangkit listrik tenaga air, Gubernur menyampaikan potensi Sulawesi Tengah sangat besar. Namun, untuk mengelola menjadi energi, membutuhkan investasi.

Kepada Bupati, Rusdy Mastura juga menekankan pihaknya akan terus meningkatkan daya saing desa. Untuk itu, dalam waktu dekat akan melakukan penandatangan kesepakatan dengan Kemendes, terkait pelaksanaan Smart Village.

“Kesepakatan itu, akan kita teken di Pulau Togean Kabupaten Tojo Una Una,” pungkasnya. (bp/ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com