EkonomiNewsSulselTekno

Pemkab Gowa-Gojek Jalin Kerja Sama Digitalisasi UMKM

GOWA, NEWSURBAN.ID — Program proritas Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni sudah terealisasi secara bertahap. Salah satunya adalah peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal itu terbukti setelah Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama PT Goto Gojek Tokopedia terkait digitalisasi dan pelatihan UMKM di Kantor Bupati Gowa, Rabu (09/03/22).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan industri 4.0 merupakan industri digitalisasi. Sehingga harus mempersiapkan mulai sekarang, agar Kabupaten Gowa mampu mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga: Tiga Kali Berturut-turut Kecamatan Somba Opu Juara Umum MTQ Gowa

“Salah satu bukti nyata yang kita lakukan dalam menghadapi 4.0 adalah seperti yang kita lakukan hari ini yaitu MoU dengan PT Gojek yang akan bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya pelaku UMKM kita agar tidak ketinggalan dengan UMKM lainnya,” ungkap orang nomor satu di Gowa ini.

Bupati Adnan mengaku, situasi pandemi ini memaksa semua beralih secara online tak terkecuali bagi UMKM. Menurutnya, hadirnya Gojek sebagai mitra akan mendukungan pelaku UMKM Kabupaten Gowa bisa bersaing dengan UMKM yang ada di Sulawesi Selatan.

“Hari ini kita memulai sebuah cara untuk mendukung pelaku UMKM kita yang ada di Gowa, ini agar pelaku usaha kita tidak ketinggalan dan mampu bersaing dengan pelaku UMKM yang lebih luas lagi,” jelas Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini.

Baca juga: Pemkab Gowa PT Telkom akan Siapkan Pelatihan Digitalisasi Pemasaran ke UMKM

Olehnya pada kesempatan tersebut, ia mengungkapkan apresiasi dan terimakasihnya kepada Gojek karena membantu Pemerintah Kabupaten Gowa dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat.

“Terimakasih dan apresiasi kita kepada Gojek. Kami ingin jika ini berjalan dengan baik maka tentu akan menciptakan rekrutmen tenaga kerja yang pastinya akan menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Gowa,” harap Adnan.

Sementara Distric Head Gojek Sulawesi, Adwin Pratama Anas mengatakan penandatanganan ini menjadi awal bagi Gojek dan Pemkab Gowa dalam menjalin kerja sama.

Ia mengatakan pihaknya bersama dinas terkait akan menyasar UMKM di Gowa khususnya memberikan edukasi terkait digitalisasi pada UMKM.

Baca juga: Pemkab Gowa dan PDGI Sulselbar Gelar Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut

“Kami selalu siap mensupport apa yang menjadi harapan Pemkab Gowa khususnya dalam hal digitalisasi. Langkah awal yang kita lakukan melihat dulu apa yang dibutuhkan oleh UMKM. Misalnya pelatihan, sosialisasi ataupun sudah online namun kemasannya yang kurang menarik itu kita akan edukasikan,” jelasnya.

Tak hanya itu sebagai penanda dan menarik minta pelanggan, pihaknya akan menampilkan banner ‘UMKM Gowa Bangkit’ yang akan muncul setiap pengguna mengakses aplikasi Gofood dan menyediakan diskon hingga 20 persen.

“Kita juga membuat banner di aplikasi. Jadi ketika itu di klik, maka muncul seluruh UMKM Gowa yang sudah terdaftar di Gojek/Gofood. Dan ada ekstra diskon sampai 20 persen juga,” tambah Adwin.

Penandatangan ini turut diikuti Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa dan beberapa pelaku UMKM yakni Browcyl Gowa dan Alvokad Kocok Duobig. (NH/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button