NasionalNewsNusantara
Trending

Presiden Jokowi Akan Berkemah di IKN Nusantara Tiga Hari

Mulai 13 - 15 Maret 2022

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkemah di kawasan inti IKN Nusantara selama tiga hari.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengonfirmasi kegiatan itu. Dia menyebut Jokowi akan berkemah di IKN Nusantara pada 13-15 Maret.

Kunjungan Jokowi ke Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) usai melantik Kepala Otorita IKN beserta wakilnya.

Pada Februari lalu, Jokowi juga sempat merencanakan berkemah di kawasan inti IKN baru tersebut. Rencana itu, di kuak Gubernur Kaltim Isran Noor kala itu.

Namun, saat itu rencana tersebut hanya menjadi rencana. Karena Jokowi urung melaksanakan.

Pada Februari lalu, Jokowi pada akhirnya membatasi kunjungan kerja ke daerah. Hal itu, karena kondisi pandemi Covid-19 yang sedang tinggi akibat gelombang penularan varian Omicron.

Selain itu, Heru juga pernah menyampaikan Jokowi akan bersama Kepala Otorita IKN Nusantara pada kegiatan kemah tersebut. Jabatan tersebut baru saja ia berikan kepada Bambang Susantono.

Kepala – Wakil Kepala Otorita IKN

Sebagai informasi, pada Kamis petang ini, Jokowi baru melantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN. Jokowi menilai keduanya adalah sosok yang tepat memimpin . Dia mempercayai dua orang tersebut karena rekam jejak di bidang masing-masing.

Jokowi menyebut Bambang ahli dalam urusan infrastruktur, tata kota, dan transportasi. Bambang juga disebut punya keahlian dalam bidang keuangan karena pernah memimpin Asian Development Bank (ADB).

Sementara itu, Dhony disebut memiliki rekam jejak baik dalam bidang properti. Jokowi yakin Dhony paham betul seluruh urusan tentang pembangunan properti.

Setelah pelantikan tersebut, Jokowi langsung memimpin rapat terbatas pembahasan IKN baru.

Pemindahan ibu kota negara merupakan ambisi Jokowi usai terpilih kembali pada Pilpres 2019. Dia berkata telah memerintahkan anak buahnya melakukan kajian sejak 2017.

Jokowi memilih Kalimantan Timur sebagai lokasi ibu kota negara baru. Dia menamakan daerah ibu kota baru Nusantara.

Rencana pemindahan ibu kota negara telah mendapat persetujuan DPR melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022. Pemindahan ibu kota negara pun tinggal menunggu Jokowi menerbitkan keputusan presiden. (bs/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button