MetroNewsPariwisataPendidikan
Trending

Lolos ke Final, 50 Pelajar Makassar Bersaing Jadi Duta Bahasa Inggris

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID β€” Sebanyak 50 pelajar Kota Makassar dari SMP Negeri dan Swasta lolos ke final pemilihan Duta Bahasa Inggris. Mereka yang lolos telah melalui tahapan sebelumnya.

Babak final Pemilihan Duta Bahasa Inggris tingkat Kota Makassar tersebut, akan berlangsung dua hari. Mulai Sabtu-Minggu, 12 hingga 13 Maret 2022 besok.

Sekedar di ketahui,Β  pemilihan Duta Bahasa Inggris Tingkat Kota Makassar dengan tema Helping Schools Go Global with International English. Ini merupakan kerjasama Pemerintah Kota, Dinas Pendidikan dan Briton English Education-Authorised Cambridge Centre.

Academic Manager Briton English Education, Elyzabeth Emmanuel mengatakan ada 50 finalis dari 20 sekolah SMP Negeri maupun Swasta se Kota Makassar yang merebutkan juara 1 hingga juara 5.

Selain itu, kata dia juga ada pemilihan kategori sekolah dengan nilai bahasa Inggris terbaik.

“Pemilihan duta Bahasa Inggris ini ada dua kategori lomba. Yaitu, kategori sekolah dengan nilai Bahasa Inggris terbaik ( Top English Achievers ) dan kategori siswa dengan Bahasa Inggris terbaik (Top English Speakers),” ujarnya.

Elyzabeth mengatakan penyelenggaraan babak final ini, secara Online melalui platform digital Zoom bagi para peserta dan juri dan live di channel YouTube Briton: Briton School sehingga para guru pendamping, orang tua, keluarga dan teman dapat tetap mendukung jagoannya.

“Jadi babak finalnya kita lakukan secara virtual agar para guru pendamping, orang tua, keluarga dan teman dapat tetap mendukung jagoannya,” terangnya.

Mencari Juara 1-5

Dia juga menyebutkan bahwa di babak final ini, pihaknya akan mencari juara 1 hingga 5 Duta Bahasa Inggris dari kita Makassar.

“Pengumuman juara 1 hingga 5 Duta Bahasa Inggris Kota Makassar untuk kategori sekolah (Top English Achievers) dan kategori Siswa (Top English Speakers). Akan kita umumkan secara Live di YouTube Briton pada hari Sabtu, 19 Maret 2022 mendatang pukul 13.00 WITA,” terangnya.

“Para pemenang akan mendapatkan beasiswa berupa tabungan Pendidikan dengan total hadiah Rp 38.000.000,” sambungnya.

Ia menyebut Duta Bahasa Inggris ini akan menjadi even tahunan Briton dan pemerintah kota Makassar melalui Dinas Pendirian Kota Makassar.

“Pemilihan-Duta-Bahasa-Inggris 2021 juga, menjadi ajang sosialisasi progam pemerintah Kota Makassar dalam hal penanganan Covid-19 melalui Makassar Recover,” ujarnya.

“Mudah-mudahan semua tetap konsisten dalam menjaga kualitas bahasa Inggris dan pengembangan bahasa Inggris yang ada di kota Makassar. Kemudian, tentunya semakin besar dan semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat. Baik untuk di Makassar maupun di kota-kota lain kali,” urainya.

Sementara itu, PLH Dikdas Kota Makassar DR. Syarifuddin, M.Pd yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar mengapresiasi kegiatan yang di selenggarakan oleh Briton English Education.

“Kami memberikan apresiasi positif terhadap penyelenggaraan Pemilihan Duta Bahasa Inggris tingkat kota Makassar. Harapan kita, dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Kota Makassar,” ujarnya.

β€œKita berharap seleksi ini dapat menyalurkan minat pelajar dalam berkompetisi bahasa Inggris. Tentunya calon Duta-Bahasa-Inggris-Makassar nantinya bisa bersaing secara nasional. Juga, dapat mengedukasi publik dan juga pelajar lainnya terkait program pemerintah kota Makassar yakkni, Makassar Recover. Kita juga berharap agar agenda ini menjadi agenda tahunan,” tutupnya. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button