NewsSulsel

Lintas Komunitas hingga Pelajar di Bulukumba Ikut Aksi Bersih-Bersih

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Bersama lintas komunitas, organisasi hingga pelajar, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Bulukumba menggelar aksi bersih-bersih di seputaran Pantai Merpati-Kolam Labuh, Kelurahan Bentenge, Kecamatan Ujung Bulu, Jumat (1/3/2024).

Kepala DLHK Bulukumba, Andi Uke Indah Permatasari menyampaikan apresiasinya atas keikutsertaan dan antusiasme masyarakat yang ikut aksi bersih-bersih. Ia bilang, partisipasi itu mendorong kesadaran bersama.

“Tentu kami sangat senang sekaligus mengapresiasi antusiasme dan partisipasi dari seluruh pihak yang terlibat dalam aksi bersih-bersih ini,” ungkapnya.

Andi Uke mengaku salut dengan keterlibatan lintas organisasi, komunitas hingga pelajar. Sebab sebelumnya, ia tak menduga jika aksi bersih-bersih itu, banyak pihak yang ambil peran.

“Kemarin kami berpikir mungkin hanya sedikit yang bisa hadir. Alhamdulillah, hari ini terbukti pesertanya sangat banyak. Terima kasih masyarakat Bulukumba,” jelasnya.

Baca Juga: BI Paparkan Hasil Kajian Cold Chain Perikanan di Bulukumba

Ia mengatakan, aksi bersih-bersih itu sebagai rangkaian kegiatan dari Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2024. Tujuannya untuk mendorong peran semua pihak agar peduli terhadap lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah.

“Kami harap aksi-aksi seperti ini terus berlanjut, sebagai bentuk aksi nyata kepedulian lingkungan. Sekaligus mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat,” kata Andi Uke.

“Kita perlu menjaga dan merawat bumi kita dari sampah. Itu bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah, tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua,” sambungnya.

Camat Ujung Bulu, Andi Ashadi mengaku menggerakkan jajarannya untuk ikut aksi bersih-bersih. Selain itu, aksi bersih-bersih juga diikuti oleh lurah dan para staf kelurahan di wilayah tersebut.

“Saya kira ini gerakan progresif dari Dinas DLHK untuk mengedukasi warga melalui aksi bersama. Aksi jumat bersih juga sudah dicanangkan oleh istri Bupati, Ibu Hj Andi Herfida Muchtar,” katanya.

Baca Juga: PLN Bagi Bantuan di Kahayya Bulukumba: Bedah Rumah hingga Modal Usaha

Menurut pria yang lebih akrab di sapa Andi Gatot, aksi bersih-bersih tak hanya bertujuan untuk meraih Piala Adipura semata. Tapi lebih dari itu, aksi ini di harap jadi magnet bagi masyarakat untuk hidup bersih.

“Selaku pemerintah kecamatan, kami akan terus bersama DLHK turun lapangan. Sekaligus mengajak warga kami yang ada di Kota Bulukumba untuk hidup bersih,” jelasnya.

Salah satu guru SMPN 3 Bulukumba, Yuliana menyambut baik aksi bersih-bersih yang melibatkan siswa-siswi SMP dan SD tersebut. Ia menuturkan kegiatan seperti itu, juga akan melatih siswa untuk hidup bersih.

“Saya kira aksi bersih-bersih tadi, sangat bagus. Manfaatnya sangat besar. Secara khusus, bisa melatih siswa untuk membiasakan pola hidup bersih,” tukasnya.

Yuliana mengatakan bahwa SMP Negeri 3 Bulukumba mengerahkan 15 siswa dalam aksi bersih-bersih tersebut. Selain itu, ada 5 guru yang juga ikut.

Baca Juga: Perayaan Imlek, Bank Hasamitra Bulukumba Gelar Malam Mitra Harmoni

“Rata-rata siswa merasa senang bisa ikut bersih-bersih di sekitaran pantai. Juga sebagai ajang refreshing. Kita harap aksi bersih-bersih akan terus berlanjut,” katanya.

Sementara, Wakil ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Bulukumba, Siti Khadijah Budiawan menilai bahwa aksi bersih-bersih itu, merupakan salah satu satu kegiatan positif dalam hal menjaga kebersihan lingkungan terutama di sepanjang pesisir pantai.

Sebagai pemudi, perempuan yang akrab di sapa Ija, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan seperti ini.

“KNPI pun harus ikut atau dapat melakukan kegiatan kampanye lingkungan semacam ini, entah berlokasi di pesisir pantai atau di lokasi lainnya,” sambung mantan ketua pengurus cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bulukumba tersebut.

Ija menyebutkan, aksi itu dapat menjadi langkah strategis dalam melibatkan masyarakat yang bermukim di area sekitar untuk memilah sampah-sampah yang ada, baik sampah rumah tangga maupun sampah dari pengunjung yang hampir setiap sore hari mengunjungi tempat itu.

Baca Juga: Jaring Calon Peserta Seleksi Paskibra, Kesbangpol Bulukumba Gelar Praseleksi

“Secara pribadi berharap adanya tempat sampah umum, yang memang di sediakan di area tersebut. Sehingga pengunjung pantai tidak membuang sampahnya di sembarang tempat,” imbuhnya.

Sekadar di ketahui, Ketua TP-PKK Bulukumba Hj Andi Herfida Muchtar sebelumnya telah mencanangkan aksi Gerakan Gotong Royong Bulukumba Bersih (G2B2), setiap Jumat, pada Juli 2023 lalu. G2B2 ini pun, berhasil menggalang kesadaran warga.

G2B2 juga tidak di lakukan saat hanya menyambut penilaian Adipura. Tetapi gerakan itu, di lakukan setiap hari Jumat dan di akhiri dengan senam bersama. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button