NewsNusantaraSulteng
Trending

Pemkot Palu Sediakan WiFi Gratis di 46 Kelurahan

PALU, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Palu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan fasilitas jaringan internet, WiFi gratis di 46 Kelurahan se Kota Palu.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Kominfo Palu, Nathan Pagasongan mengatakan, internet gratis tersebut bertujuan memberi akses jaringan secara luas kepada masyarakat di seluruh wilayah Kota Palu.

Menurutnya, titik penempatan modem WiFi diatur masing-masing pemerintah kelurahan untuk menyesuaikan kebutuhan warganya di ruang terbuka.

“Prinsipnya kita pasang di ruang terbuka publik agar mudah di akses langsung masyarakat,” kata Nathan Pagasongan, Kamis 7 April 2022.

Baca Juga: Wali Kota Hadi Lantik Puluhan Pejabat Fungsional Disdik Palu

Semisal penempatan modem WiFi di Kelurahan Mamboro yang di letakkan di ruang pertemuan (Bantaya) kantor kelurahan. Jaringan WiFi gratis di kelurahan ini, Nathan kemudian di gunakan siswa-siswi salah satu SMP setempat. Untuk melaksanakan les bahasa Inggris dengan fasilitas WiFi tersebut.

“Selain itu, masyarakat juga kerap datang untuk mengakses jaringan internet gratis ini,” jelasnya.

Demikian halnya di Kelurahan Besusu Timur. Fasilitas WiFi bagi publik ini di manfaatkan para mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas akademik.

Nathan menyebut, setiap kelurahan mendapatkan kuota sebesar 20 MBPS. Masyarakat yang datang pun tidak perlu melakukan log-in menggunakan password.

“Langsung konek ketika mereka berada dalam jangkauan WiFi,” sebutnya.

Baca Juga: Kota Palu Peringkat B Sakip dan CC pada RB, Hadianto Rasyid: Jadikan Pemacu dan Penyemangat

Layanan fasilitas internet gratis ini pun sebagai bentuk dukungan Pemkot Palu terhadap pendidikan. Karena saat ini, Kota Palu masih dalam masa Pandemi Covid-19 yang menyebabkan sejumlah kegiatan belajar mengajar sekolah terpaksa di lakukan secara virtual.

“Nah, murid-murid yang ingin belajar virtual dan kebetulan kehabisan data internet, maka bisa langsung mendatangi kantor kelurahan untuk mengakses internet,” paparnya.

Penyediaan fasilitas jaringan internet gratis bagi masyarakat ini tambah Nathan, mulai di lakukan sejak Februari 2022. Kini, seluruh kelurahan sudah memiliki fasilitas tersebut. Layanan ini merupakan kerjasama Diskominfo Palu dan PT Telkom Indonesia.

“Jadi Diskominfo menyewa bandwidth untuk ini. Semuanya di anggarkan di Diskominfo Palu,” katanya.

Baca Juga: Wali Kota Hadi Tinjau Progres Pembangunan Sejumlah Kantor OPD Palu

Sementara, jika terjadi gangguan teknis, pemerintah kelurahan di minta melaporkan hal itu kepada pihak Diskominfo Palu. Agar secepatnya di koordinasikan ke pihak PT Telkom untuk di lakukan perbaikan.

Wali Kota jelas Nathan, meminta seluruh pemerintah kelurahan untuk menginformasikan adanya fasilitas tersebut kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing. Agar masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas internet gratis tersebut sesuai keperluan.

“Karena saat ini, Pemkot Palu juga tengah menggalakkan program city smart. Yang di harapkan fasilitas ini bisa mendukung program tersebut,” pungkas Nathan. (ysf/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button