NewsSulteng
Trending

Wali Kota Hadi Lantik Puluhan Pejabat Fungsional Disdik Palu

PALU, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE secara resmi melantik dan mengambil sumpah/janji PNS pejabat fungsional Disdik Palu ( Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di lingkungan Pemerintah Kota Palu) pada Rabu 6 April 2022 di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu.

Ada pun pejabat fungsional Disdik Palu yang di lantik antara lain Pengawas Sekolah sebanyak 26 orang, Kepala SD sebanyak 22 orang, Kepala SMP sebanyak 2 orang, dan Koordinator Wilayah sebanyak 4 orang.

Dalam arahannya, Wali Kota menyebut pelantikan terkhusus untuk pejabat fungsional pengawas sekolah merupakan pelantikan yang sangat penting dikarenakan keinginan bersama agar percepatan peningkatan kualitas sekolah itu harus dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Kota Palu Peringkat B Sakip dan CC pada RB, Hadianto Rasyid: Jadikan Pemacu dan Penyemangat

“Para pengawas sekolah merupakan ujung tombak dari pada program ini. Karena tanpa pengawasan yang baik, maka pastinya kita tidak akan dapat mengidentifikasi masalah. Dan kemudian melakukan evaluasi atas hasil identifikasi kita terkait dengan masalah itu,” ujarnya.

Karena itu, ia minta para pengawas sekolah yang baru saja di lantik baik di tingkat SD maupun SMP. Dia harapkan mampu melaksanakan tugas dan perannya dengan sebaik-baiknya.

Ia mengungkapkan bahwa jabatan pengawas sekolah bukan merupakan jabatan yang di anggap terpinggirkan. Atau pun berkonotasi negatif. Namun pengawas sekolah merupakan peran yang sangat vital dalam menentukan perubahan pendidikan yang ada di Kota Palu.

Baca Juga: Wali Kota Hadi Tinjau Progres Pembangunan Sejumlah Kantor OPD Palu

“Dengan semangat Kepala Dinas yang baru, saya pun berharap bahwa ini terkonek dengan seluruh pengawas sekolah yang baru di lantik. Semuanya kita harus memiliki semangat yang sama. Dengan semangat yang sama dan energi yang sama, maka tentunya kita berkeyakinan bahwa niat maupun keinginan kita. Agar percepatan pendidikan baik secara kualitas dan kuantitas di Kota Palu, benar-benar dapat kita laksanakan dengan secepat-cepatnya,” lanjutnya.

Apalagi, katanya ada beberapa pengawas memiliki pengalaman yang luar biasa dan catatan prestasi yang sangat baik di tingkat Provinsi maupun Nasional. Sehingga itu meyakinkan Wali Kota, pendidikan di Kota Palu di tahun 2023 mendatang, betul-betul menunjukkan perubahan yang sebesar-besarnya.

“Kepada Kepala Dinas, sekarang sudah menjadi hal yang lumrah. Bahwa kita tidak hanya konsen terhadap punishment (hukuman, red). Tetapi juga pemberian reward bagi mereka-mereka yang melaksanakan tugasnya dengan baik dan memiliki pencapaian prestasi yang luar biasa. Maka wajar dan wajib di berikan reward,” ungkapnya.

Baca Juga: Geliatkan UMKM, Wali Kota Hadi Buka Pasar Ramadan di Lapangan Dispora Palu

Ia juga berpesan kepada para pengawas sekolah, agar betul-betul melakukan pengawasan yang baik. Dan memastikan sekolah di lingkup Pemerintah Kota Palu menerapkan pola dan dasar dari pendidikan.

“Pastikan bahwa anak-anak kita benar-benar mendapatkan hal yang memang layak mereka dapatkan. Identifikasi kesulitan dan masalah yang perlu mendapatkan intervensi dari Pemerintah. Agar Pemerintah benar-benar hadir bagi anak-anak kita,” pesannya.

Ia juga mengingatkan bahwa perubahan tidak hanya di harapkan pada satu sektor saja. Tetapi perubahan di harapkan hadir di semua lini dan semua sektor. Karena semua lini dan sektor tersebut memiliki hubungan maupun ikatan satu sama lain.

Baca Juga: Pasar Manonda Palu Terbakar, Wali Kota Hadi Bersama Ketua Diah Langsung Turun ke Lokasi

Jika semua sektor berubah, lanjutnya maka barulah kota ini di pandang sebagai kota yang memiliki perubahan. Tetapi kalau belum, artinya perubahan yang di harapkan belum menunjukkan hasilnya.

“Mohon Kepala Dinas, catatan-catatan penting terkait dengan pengawas sekolah, dapat dishare sehingga tidak melakukan kesalahan yang sama,” tambahnya. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button