NasionalNewsNusantara
Trending

Demo Jokowi 11 April, BEM SI Geser Aksi ke Gedung DPR di Senayan

Batal Geruduk Istana Negara

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Demo Jokowi 11 April, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI menggeser lokasi aksi ke Gedung DPR di Senayan Jakarta. Sebelumnya, BEM SI berencana geruduk Istana Istana Negara, pada Senin (11/4).

“Betul sekali, Iya kita ke DPR,” kata Koordinator Media BEM SI, Luthfi Yufrizal, Minggu (10/4), terkait aksi Demo Jokowi 11 April.

Baca Juga: BEM SI Geruduk Istana 11 April Tuntut 18 Poin, Tolak Presiden 3 Periode

Luthfi juga menjelaskan alasan pengalihan massa aksi ke Gedung DPR itu, di lakukan guna mengawal berjalannya konstitusi. Yang merupakan tugas pokok dari legislatif, dalam hal ini DPR.

“Kita ingin memastikan konstitusi yang ada berjalan. Maka dari itu, kita akan mengawal dari UU dan memastikan DPR RI melaksanakan konstitusi dengan baik. Sesuai dengan yang sudah ada,” kata Luthfi.

Baca Juga: Tolak Jokowi 3 Periode, NGO Antikorupsi Bersama Mahasiswa Turun ke Jalan

Menurutnya, demonstrasi itu, rencananya akan di gelar mulai pukul 10.00 WIB. BEM SI membawa empat tuntutan.

Pertama, mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

Baca Juga: Tolak Presiden 3 Periode, Mahasiswa UIN Makassar Demonstrasi Tutup Jalan dan Bakar Ban

Kedua, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat. Sebagaimana aksi massa yang telah di lakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret 2022 – 11 April 2022.

Ketiga, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara. Dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024. Atau masa jabatan 3 periode.

Baca Juga: Tolak Penundaan Pemilu dan Kenaikan Harga, Kelompok Cipayung Plus Gelar Aksi Demo

Keempat, mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian. Di sertai 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden yang sampai saat ini belum terjawab.

BEM SI sebelumnya, berencana akan menggeruduk istana Senin 11 Apri. Estimasi peserta yang akan ikut aksi kali ini bisa mencapai 1.000 orang. Terdiri dari mahasiswa yang tergabung dalam BEM SI.

Baca Juga: Jusuf Kalla Sebut Tunda Pemilu Melanggar Konstitusi

“Aksi tetap akan kita gelar pada tanggal 11 April 2022,” ujar Koordinator Pusat BEM SI, Kaharuddin HSN DM saat, Kamis (7/4). (bs/cr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button