NewsNusantaraSulsel
Trending

Rusak Parah, Gubernur Sulsel Tinjau Langsung Kondisi Ruas Jalan Pekkae-Takkalala

BARRU, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman menyempatkan diri melakukan peninjuan langsung ruas jalan Pekkae-Takkalala yang saat ini sedang dalam tahap pengerjaan. Jalan ini merupakan ruas yang menghubungkan Kabupaten Barru dan Kabupaten Soppeng serta menuju Kabupaten lainnya.

Jalan ini termasuk jalan dengan lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi, dengan kondisi rusak berat.

“Berkesempatan melewati Jalan Pekkae-Takkalala yang sedang progres untuk persiapan pengerjaan jalan,” kata Andi Sudirman, Minggu sore, 8 Mei 2022.

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel: Ruas Jalan Pekkae-Takkalalla di Soppeng Prioritas Tahun 2022

Pemprov Sulsel mengalokasikan Rp 41,9 miliar untuk perbaikan sekitar 7 Km pada tahun ini. Sebelumnya, pada tahun 2021 jalan ini telah-dikerjakan sepanjang 2 Km.

Karena itu, Andi Sudirman meminta kebesaran masyarakat memberikan dukungan untuk penyelesaian pengerjaan.

“Tahapan pekerjaan ini tentu dengan kesabaran masyarakat bersama kita selesaikan. Memang tidak mudah membangun dengan kondisi keuangan di tengah kondisi pandemi melakukan pemulihan. Tetapi komitmen bersama adalah hal terpenting untuk terus bergerak membangun melalui skala prioritas,” sebut Andi Sudirman Sulaiman

Harapan terkait rehabilitas perbaikan ruas jalan-jalan provinsi-disampaikan oleh Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide.

“Memang kami sangat berharap bagaimana jalanan-jalanan provinsi yang ada di Soppeng bisa baik,” sebutnya.

Baca Juga: Ruas Jalan Sabbang-Tallang Longsor, PUTR Sulsel Lakukan Penanganan Darurat

“Alhamdulillah, Pak Gubernur sudah bergerak dan membantu kita. Pekkae – Takkala juga beliau langsung tinjau. Poros Lawo (Soppeng) – Barru (Takkalasi) juga-dikerjakan. Insha Allah, kalau semua perencanaan provinsi jalan, maka Soppeng akan jadi daerah tujuan,” tambahnya.

Salah seorang warga yang ditemui Gubernur di Jalan Poros Pekkae, menyampaikan, jalan berlubang depan rumahnya jika hujan akan muncul genangan.

“Ini habis hujan jadi begini lagi. Kalau tengah malam banyak mobil besar, di sini banyak orang jatuh, anak sekolahan kalau pagi (pakaian kena debu),” sebut Wa Tapika.

Sementara itu, Sutrisman Basir, warga Kabupaten Wajo yang dulunya sering mengakses jalur ini menyebutkan memang perlu-dilakukan perbaikan jalan. Terutama untuk mendukung perekonomian warga yang berada di jalur tersebut.

Baca Juga: Warga Keluhkan Jalan Nasional Ruas Burau Lutim, PUTR Sulsel Telah Usulkan ke Balai Jalan Nasional

“Alhamdulillah sudah ada perbaikan, supaya mobilitas ke Makassar tidak satu jalur lewat Camba saja. Dan saya harap pemerintah segera merampungkan perbaikannya agar UMKM di Bulu Dua bisa tertolong,” ujar Dosen Universitas Puangrimaggalatung Sengkang ini.

Sedangkan, Muhammad Nawir, sopir angkutan antar kabupaten juga lebih banyak mengakses ruas Camba hanya karena kondisi jalan yang lebih baik.

“Biasa diakses tapi lebih banyak lewat Camba. Kalau bisa-diperbaiki lebih cepat lagi, supaya lalu lalang lewat Bulu Dua lancar perjalanan kami, kalau lewat Camba macetnya biasa lama. Kalau lewat Pekka keluhan penumpang dan biasa ada penumpang di Bulu Dua juga tidak bisa-diambil(dijemput),” tuturnya. (cr/ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button