Bencana AlamNewsNusantaraSulteng
Trending

Sungai Palu Meluap Rendam Permukiman Warga

#Wakil Wali Kota Palu Turun Tinjau Lokasi, Sebut Banjir Kiriman dari Sigi

PALU, NEWSURBAN.ID — Wakil Wali Kota Palu dr. Reny A Lamadjido, meninjau langsung lokasi banjir akibat Sungai Palu meluap, Selasa (10/5/2022) siang.

Wawali Reny mendatangi pemukiman warga yang berada di bantaran Sungai Palu. Tepatnya di lokasi rumah warga yang berada di sekitaran jembatan 3, di Kelurahan Besusu Barat, Kelurahan Baru, dan Kelurahan Ujuna. Sejumla permukiman warga di tiga kecmatan ini, terimbas banjir akibat Sungai Palu meluap.

Dalam peninjauan, Wawali Reny di dampingi Sekda Kota Palu Irmayanti, Kadinsos Kota Palu Romy Shandi Agung; Kadishb Kota Palu Mohammad Arif, pejabat Dinkes, BPBD, pihak kecamatan dan kelurahan setempat.

Baca Juga: Apel Perdana Pasca Libur, Wawali Palu Ingatkan Pegawai Tetap Taat Prokes

Selain melihat langsung rumah warga yang terdampak banjir, Wawali Reny juga melihat langsung penempatan kendaraan dapur umum di halaman ruko tepatnya di jalan KH. Wahid Hasyim samping jembatan tiga.

Keberadaan mobil dapur umum dapat membantu makan minun bagi warga yang terkena dampak banjir. Seluruh warga yang berada di bantaran sungai Palu bisa langsung di layani untuk makan dan minum.

Saat mengunjungi warga yang terkena dampak banjir, Reny menyarankan agar warga sesegera mungkin mengangkut barang-barangnya pada tempat yang lebih tinggi. Sehingga aman dari banjir.

Reny juga meminta warga untuk menempati lokasi yang agak tinggi terhindar dari banjir, sambil menunggu air surut.

Baca Juga: Setahun Memimpin Kota Palu, Ini Capaian Hadianto-Reny

“Tentunya aparat gabungan siap di tempat warga untuk membantu akan kebutuhn warga. Termasuk yang utama makan minum warga yang di sediakan Pemkot Palu,” kata Wawali Reny.

Wawali Reny juga mengatakan, banjir di Sungai Palu adalah banjir kiriman dari wilayah Sigi. Debit airnya sangat besar sehingga meluap menggenani rumah warga.

Karena itu, Reny mengimbau warga terus waspada. “Tentunya Pemkot Palu dalam hal ini BPBD, Dinsos dan semua pihak terkait lainnya akan terus memantau dan mengantisipasi setiap perkembangan di lapangan setiap saat,” kata Reny.

Berdasarkan laporan warga, imbas dari banjir di bantaran sungai Palu, buaya sempat memasuki pemukiman warga. Bahkan sejumlah warga sempat memvideokan dan foto buaya tersebut. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button