NewsNusantaraPeristiwaSulsel
Trending

Pencarian Penumpang Kapal Motor Ladang Pertiwi Berlanjut, Gubernur Sulsel: Pemerintah Juga Lakukan Pemulihan Trauma Korban Selamat

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Pemulihan secara psikologis menjadi perhatian terhadap korban penumpang Kapal Motor Ladang Pertiwi yang-ditemukan selamat. Kapal Motor Ladang Pertiwi, sebelumnya tenggelam di Selat Makassar.

Hal itu,ditegaskan oleh Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman usai melakukan peninjauan perairan Kepulauan Pangkep via Helikopter, Minggu (29/5/2022).

Dari data Basarnas Sulsel, Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi yang memuat 42 penumpang tenggelam di Selat Makassar pada Kamis (26/5/2022) sekitar pukul 03.30 Wita. Namun, informasi tenggelamnya kapal tersebut baru,diketahui Basarnas pada Sabtu (28/5/2022). Dari 42 penumpang, 17 di antaranya sudah di temukan selamat. Sementara 25 orang lainnya masih dalam pencarian. 17 penumpang yang selamat merupakan warga Kabupaten Pangkep. 10 di antaranya berhasil mendapat pertolongan kapal nelayan dan di turunkan di Kabupaten Takalar. Sementara 7 orang lainnya juga mendapat pertolongan dari kapal lainnya yang akan bersandar di Banjarmasin.

Baca Juga: Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi-Diperluas, Gubernur Sulsel Harap Membuahkan Hasil

“10 warga yang di Takalar sudah di pulangkan ke Pangkep. Ada juga warga kita yang masih di Banjarmasi. Kita juga terus berkoordinasi dengan Bupati Pangkep untuk upaya pemulihan trauma healing untuk korban yang telah di temukan selamat,” kata Andi Sudirman.

Upaya pemulihan ini, untuk mengatasi gangguan psikologis. Seperti kecemasan, panik berlebihan dan gangguan lainnya. Karena lemahnya ketahanan fungsi-fungsi mental yang di miliki individu korban kapal tenggelam.

Gubernur menegaskan, hingga saat ini petugas gabungan di terjunkan untuk melakukan pencarian terhadap penumpang lainnya. Tim tersebut dari Pemprov Sulsel, Kabupaten/Kota, TNI AU, TNI AL, Polri, Basarnas serta di bantu oleh nelayan yang melintas di perairan.

Baca Juga: Gunakan Helikopter, Gubernur Pantau Pencarian KM Ladang Pertiwi di Perairan Pangkep

“Kita masih melakukan pencarian, beberapa pulau kita deteksi dan kapal nelayan juga disekitarnya kita pantau banyak. Kita juga bergerak untuk membantu kita bergotong royong, bersama TNI AU, TNI AL, Polri, Basarnas, BPBD, serta di bantu kapal nelayan. Insya Allah, mudah-mudahan sinergi bersama ini ada hasil lebih memuaskan,” tuturnya.

Dalam pemantauan via udara ini, Andi Sudirman di dampingi Pangkoopsud II, Marsda TNI Minggit Tribowo; Kaskoopsud II Marsma TNI DJhon Amarul, Danyonif Raider 700/WYC Mayor Inf Sarman, Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi, dan Kepala BPBD Sulsel Muhammad Firda. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button