MetroNews

Dukung Go Green, Danny Hadirkan Inovasi Baru Home Care Dottoro’ta Lebih Ramah Lingkungan

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) hadirkan inovasi baru home care dottoro’ta yang lebih ramah lingkungan. Hal ini ia lakukan sebagai upaya untuk terus memperbaiki layanan publiknya, utamanya pada bidang kesehatan.

Ia meresmikan sekaligus meluncurkan 47 unit mobil Low Carbon Dottoro’ta wajah baru dari mobil Home Care Dottoro’ta yang sejak tahun 2015 hadir melayani masyarakat Makassar.

Kali ini lebih ramah lingkungan karena menggunakan mobil listrik atau Low Carbon, mengingat instruksi Presiden RI untuk mendukung Go green.

Baca Juga: Penasihat Hak-hak-Disabilitas Internasional AS Puji Danny Pomanto Jadikan Makassar Kota Inklusif

“Hari ini kita meluncurkan program yang sudah ada sejak 2015 yaitu program homecare with life medicine yang singkat dengan kata Dottoro’ta. Setelah 7 tahun atau 8 tahun kita merevilitalisasi program ini menjadi jauh lebih baik yang pertama kita mengganti seluruh mobil menjadi mobil yang electrical vehicle atau eV mobil yang low carbon, mobil yang lebih ramah lingkungan,” ucapnya, usai melakukan peluncuran mobil Low Carbon Dottoro’ta, Selasa (10/10/2023).

Tak hanya ramah lingkungan, kata Danny, beberapa kelengkapan monitoring medik telah-dilakukan dengan di lengkapi berbagai fasilitas di dalam mobil. Seperti alat EKG atau elektrokardiogram untuk pemeriksaan medis yang di lakukan untuk skrining jantung.

Pemeriksaan ini gratis untuk masyarakat kota Makassar. “Jadi kita bisa mendeteksi penyakit jantung pada masyarakat. Sekarang lebih canggih alatnya. Di mobil ada oksigen ada emergency baik itu kecelakaan maupun misalnya serangan jantung itu lengkap, mobil ini kecil tapi mampu membawa 1 pasien. Kedepannya juga kita akan pasang alat USG Kehamilan. Tapi untuk sementara di Puskesmas bisa dan tidak-dipungut biaya,” terang Danny.

Baca Juga: Danny Pomanto: Renovasi Balaikota dan Pembangunan Makassar Government Center Legacy Adama

Danny menjelaskan Inovasi ini berusaha menjawab keluhan dan kekhawatiran masyarakat. Terhadap akses kesehatan yang di anggap mahal, sulit, dan berbelit-belit.

Inovasi ini juga tidak memandang status warga. Siapa pun warga Makassar yang menghubungi Call Center Home Care lewat 112 maka layanan dari Puskesmas terdekat dari rumah masyarakat. Akan di datangi tim medis reaksi cepat sesuai dengan kondisi penyakit warga.

Mobil Low Carbon Dottoro’ta ini beroperasi 24 jam di 153 kelurahan hingga ke Lorong-Lorong.

“Ya pengalaman tahun 2015 hingga sekarang mengcover dengan sangat baik dengan time limit 5 menit sudah sampai ke warga. Ini gratis,” paparnya.

Danny juga menegaskan Mobil Dottoro’ta yang lama bakal-diperbantukan pada semua Puskesmas karena peralatannya masih dalam kondisi baik dan sudah memenuhi standar. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button